10 Oktober 2016

Alasan Tidak Berikan Harga Konsultan Oriflame ke Pelanggan (Bagian 1)




Memberikan harga konsultan kepada pelanggan adalah pelanggaran kode etik. Jadi sederhananya ketika konsultan tidak memberikan harga member kepada pelanggan karena dia mematuhi aturan yang berlaku di Oriflame. Sebagai konsultan tentu saja dia harus patuh pada aturan Oriflame. Tunduk pada etika. Karena ketika melanggar kode etik itu sama saja mengabaikan aturan yang harusnya dipatuhi.

Mengapa Oriflame membuat kode etik seperti itu?

Oriflame membuat aturan seperti itu tentunya ada pertimbangan demi keuntungan konsultan itu sendiri.

Harga konsultan Oriflame atau harga member adalah harga yang harus dibayarkan seorang konsultan saat membeli produk Oriflame. Harganya berbeda dengan yang tertera di katalog. Jika di katalog sudah ada diskon, maka konsultan akan mendapatkan harga diskon katalog ditambah diskon konsultan.

Selisih harga katalog dengan harga konsultan akan menjadi keuntungan langsung yang akan didapatkan oleh konsultan. Satu-satunya cara konsultan mendapatkan keuntungan langsung adalah dengan memanfaatkan selisih harga tersebut. Jadi kalau seorang konsultan menjual produk dengan harga konsultan kepada pelanggan, keuntungan langsung tidak akan didapatkan.

Takut tidak berhasil mengumpulkan poin memang menjadi momok banyak orang yang baru memulai bisnis Oriflame atau tidak paham kode etiknya. Di Oriflame pengumpulan poin memang memghasilkan beragam reward. Mulai dari beragam produk gratis dan juga penghasilan tidak langsung. Gara-gara takut poinnya sedikit banyak konsultan yang merelakan harga konsultan menjadi harga yang dibayarkan pelanggannya.

Padahal ada banyak hal yang harus ditanggung seorang konsultan.

1. Biaya pendaftaran
Setiap orang yang ingin menjadi konsultan harus membayar biaya pendaftaran dan setiap tahunnya ada renewal fee (biaya daftar ulang) sehingga konsultan harus punya penghasilan dari Oriflame jika tak ingin merugi.

2. Beli katalog

Katalog memang ada dua jenis. Katalog online dan offline. Khusus online memang gratis. Beda dengan katalog offline yang bisa disebar secara langsung ke pelanggan. Katalog offline harus beli jika ingin punya banyak. Kebayang tidak kalau kita kasih harga member ke pelanggan? Buat beli katalog kita lagi yang nombok.

3. Beli smartphone atau laptop
Untuk menjalankan bisnis Oriflame sekarang ini setidaknya kita harus online sekali setiap bulannya khusus untuk order barang. Belum lagi jika kita ingin belajar banyak hal dari internet yang menjelaskan tentang Oriflame. Setidaknya kita punya smartphone yang bisa digunakan buat internetan. Syukut-syukur punya laptop juga.

4. Beli paket data internet
Selain itu kita juga harus beli paket data internet untuk mengakses halaman Oriflame. Kalau tak punya paket data kita tak bisa login ke akun Oriflame kita.

Empat hal yang sudah saya sebutkan di atas adalah alasan terbesar mengapa kita sebagai konsultan Oriflame tidak memberikan harga konsultan ke pelanggan. Karena itu sangat merugikan kita. Untuk apa punya bisnis yang tidak berkembang gara-gara kita sendiri tidak mematuhi kode etik yang diberlakukan untuk membantu bisnis kita bertahan.

Belum lagi pelanggan yang suka membatalkan orderan padahal sudah ditalangkan. Itu juga cukup merugikan. Masih mau kasih harga member ke pelanggan


1 komentar:

  1. Ya kalau dibuka nanti ketahuan untungnya donk :). Istriku juga ikut oriflame. hehehe

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers