19 Oktober 2016

4 Varian Bingke dari Bingke Kamboja, Rajanya Bingke di Pontianak





Siapa sangka perkembangan di bidang kuliner semakin berkembang pesat seakan tak ada matinya. Demikian juga dengan kue bingke, makanan khas dari Pontianak, Kalimantan Barat yang selama ini paling terkenal varian originalnya. Bingke berendam. Siapa yang tak tahu jenis makanan yang satu ini. Semua orang Kalimantan Barat mestinya tahu dengan kue bingke.

Sekarang berbagai varian kue bingke bisa kita dapatkan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Tak mahal kok, walaupun tidak murah juga. Setidaknya masih berada pada kisaran harga belasan ribu.

Satu diantara penyedia berbagai pilihan rasa bingke, ada Bingke Kamboja yang terletak di Jalan Tanjungpura tak jauh dari Ramayana Pontianak. Ada 4 varian bingke yang sempat saya abadikan waktu singgah ke sini. Waktu itu saya datang bersama dengan teman-teman dari Komunitas Blogger Pontianak. Tempatnya asyik buat kopdar. Memang tidak luas tapi untuk menampung jumlah anggota Komunitas Blogger Pontianak masih cukuplah.

Berikut 4 varian bingke yang ada di Bingke Kamboja.

1. Bingke Berendam

Varian yang satu ini seakan wajib ada di toko bingke mana pun. Sebab bingke berendam adalah cikal bakal mulanya berbagai pilihan bingke yang lain. Adonan dasarnya berpangkal pada bingke berendam. Bedanya bingke berendam di sini ada karamelnya. Jadi bingkenya 'berendam' di kuah karamel. Agak basah. Beda dengan bingke berendam di tempat lain yang saya beli.

2. Bingke Pandan


Bingke pandan terlihat sangat cantik dengan setengah adonan berwarna hijau dan atasnya tetap kuning seperti bingke berendam. Bagian bawahnya memiliki varian rasa pandan. Varian ini baru saya temukan di Bingke Kamboja.


3. Bingke Pulut/Ketan



Bosan dengan adonan bingke yang begitu-begitu saja? Sebaiknya coba Bingke Pulut atau Bingke Ketan yang di bagian bawahnya adalah adonan yang terbuat dari ketan atau pulut. Bagian atasnya bingke. Jadinya kita bisa merasakan 'nasi pulut' di bagian bawah dan dengan sensasi bingke di bagian atasnya.


4. Bingke Kacang Hijau


Masih ada satu lagi, bingke kacang hijau. Ini juga varian yang baru pernah saya temukan. Biasanya yang ada di tempat lain adalah bingke keju atau bingke kentang. Tampilannya tak jauh beda dengan bingke biasanya. Namun di Bingke Kamboja, varian rasa dan tampilan akan berbeda dari bingke umum yang bisa kita temukan di tempat lain.


Bingke mana yang kamu paling suka?


1 komentar:

  1. Halo, Hani, aduduuu...itu foto-foto Bingke-nye bikin ngiler deh, walau pun Bunda belum pernah nyicipin rasa Bingke, tapi tampilannya itu sungguh menggoda air liur, hehe... Bikinin donk resepnya, biar bunda coba membuat Bingke ala Bunda Pamulang. Janji?

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers