3 September 2016

Sayur Kulit Semangka Bumbu Beras Terasi



Siapa sangka kulit semangka yang selama ini saya makan memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Beberapa waktu lalu saya memang menemukan artikel yang menjelaskan tentang manfaat baik dari kulit semangka. Kebanyakan orang pasti membuang kulitnya. Berbeda di keluarga saya. Uwan dan Umak saya selalu menggunakan kulit semangka sebagai sayur. Mirip timun sih sebenarnya. Biasanya dimasak dengan bumbu beras dan sedikit terasi untuk menambahkan rasa.

Memasak kulit semangka tidak sulit kok. Tidak mesti harus menggunakan resep seperti Uwan atau Umak saya. Ditumis sebentar dengan potongan bawang dan cabai juga enak. Terserah kita mau memasaknya seperti apa. Saya sendiri juga lebih sering menggunakan bumbu seadanya untuk memasak kulit semangka ini. Pastikan daging merahnya sudah tidak ada dan juga bagian kulit paling luarnya sudah dibuang. Karena bagian luar yang paling hijau tersebut sangat keras. Tidak enak untuk dimakan.

Bagian kulit semangka yang diambil yang warnanya hijau agak putih yang biasanya kita buang saat selesai makan buah semangka. Bagi orang yang tidak pernah makan kulit semangka yang dijadikan sayur sebelumnya tentu ini akan jadi pengalaman yang cukup menarik ya. Sebab orang akan menyebut kulit semangka sebagai sampah. Tanpa tahu manfaatnya sangat besar bagi kesehatan kita. Bukan hanya daging merahnya yang bisa dikonsumsi ya.

Jangan lupa share ya kalau sudah mencobanya. Cerita di kolom komentar pengalaman teman-teman memakan sayur kulit semangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers