23 September 2016

6 Cara Meredam Suara yang Masuk ke Rumah



Membeli rumah di kota besar merupakan cita-cita banyak orang. Karena letaknya yang strategis, tentunya harga rumah di daerah perkotaan tidaklah murah. Walau begitu, tetap saja rumah di tengah kota memiliki kekurangan.

Salah satu kekurangan dari lokasi rumah di tengah kota adalah kebisingan. Coba saja lihat rumah dijual di Jakarta Selatan Surabaya, Makassar, Bandung, Medan, dan lainnya, kebanyakan dari rumah tersebut terletak di pinggir jalan besar yang dipenuhi kendaraan melintas. Hal ini membuat suasana rumah mau tidak mau menjadi sedikit bising sehingga mengurangi tingkat kenyamanan.

Namun, ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar rumah menjadi sedikit lebih tenang dengan mengikuti beberapa tips berikut.

Memaksimalkan Karpet
Anda dapat berkreasi menggunakan karpet. Menggelarnya di lantai di setiap ruangan, menumpuknya, atau menggantungnya di dinding. Karpet memang benda yang paling efektif untuk meminimalisasi suara di dalam rumah. Semakin tebal karpet, maka semakin baik pula penyerapan suaranya.

Gorden di Ruangan
Menggantung tirai di depan jendela Anda dapat mengurangi suara yang masuk melalui jendela. Apalagi jika gorden yang anda gantung adalah gorden dengan tingkat ketebalan yang baik dan memiliki lapisan ganda.

Gantung Lukisan
Lukisan ternyata juga dapat digunakan untuk meredam suara dari luar. Tentu saja, lukisan yang memiliki ukuran cukup besar dan dilukis di atas kanvas akan lebih efektif untuk mengurangi suara yang masuk ke dalam rumah.

Menanam Pepohonan di Taman
Jika anda memiliki taman di depan rumah, maka manfaatkanlah taman tersebut untuk menanam pohon. Karena dedaunan dari tanaman di depan rumah anda dapat menjadi penyaring suara yang masuk ke rumah Anda. Semakin besar tanamannya, maka semakin baik pula meredam suaranya.

Lemari Buku Efektif untuk Suara dari Seberang Dinding
Jika ternyata suara tetangga sebelah masuk melalui dinding, Anda dapat menggunakan rak buku sebagai peredam suaranya. Pilihlah rak buku sesuai ukuran, dan isilah dengan buku-buku yang Anda sukai.

Styrofoam Bingkai Foto
Hal yang sama juga bisa dilakukan dengan memasang styrofoam di dinding rumah Anda. Gunakanlah styrofoam tersebut untuk menempelkan foto-foto Anda bersama keluarga. Jadi selain bisa menambah cantik ruangan, styrofoam juga dapat meredam suara.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers