60 Tahun Astra

60 Tahun Astra

6 Juni 2016

Sotong Pangkong Pontianak

Akhirnya masuk juga kita ke bulan yang sangat identik dengan Sotong Pangkong alias makanan khas Pontianak yang berasal dari CUMI. Bulan ini akan banyak sekali yang jualan sotong pangkong dibandingkan bulan biasanya. Sotong pangkong di Pontianak juga disebut dengan Juhi Bakar. Khusus di luar bulan Ramadhan sebenarnya banyak juga yang jual Sotong Pangkong dalam bentuk kemasan. Ada dua jenis, original pedas manis biasa dan juga pedas manis garing.
Saya pertama kali makan Sotong Pangkong ya di Pontianak. Sangat menyenangkan ternyata makan Sotong Pangkong di pinggir jalan selama bulan puasa. Apalagi kalo makannya rame-rame sama teman-teman yang juga suka makan Sotong Pangkong. Sensasi makan cumi yang dipanggang lalu dicocol ke air cabai yang ada kacangnya. Ah kuahnya memang enak banget. Ini buat yang makan Sotong Pangkong langsung di warungnya. Beda cerita kalau mau makan Sotong Pangkong yang melewati pengiriman ya. Nggak bisa dikirim yang versi pinggir jalannya.

Tapi tenang, Sotong Pangkong sekarang juga bisa dikirim ke seluruh dunia kok. Banyak banget yang menyediakan Sotong Pangkong yang sudah dikemas dengan kemasan praktis. Siap kirim ke mana saja yang teman-teman mau. Sotong Pangkong yang sudah dipanggang dan dipangkong dengan alat khusus, lebih ke aras digiling sih sebenarnya supaya mekar. Ah bagaimana jelasinnya. Namun buat yang pengen bikin sendiri bumbunya juga bisa tuh beli cumi yang sudah dikeringkan dan bisa dibuat menjadi Sotong Pangkong sendiri di rumah. Siapkan alat pemanggang dan bumbu buat oles cuminya.

Jadi sebenarnya Sotong Pangkong itu sotong apa cumi? Sesungguhnya tak lain dan tak bukan Sotong Pangkong itu berasal dari cumi. Di Pontianak sendiri orang menyebut cumi itu sebagai sotong. Itulah alasan mengapa cumi bakar yang dipukul-pukul ini menjadi Sotong Pangkong. Pangkong sendiri berarti pukul. Karena memang proses pembuatannya si cumi akan dipukul-pukul supaya lebih mudah untuk dimakan. Memukulnya menggunakan palu besi ya supaya daging cuminya saling terpisah dan tidak keras saat dikunyah.

Pengen mencicipi Sotong Pangkong alias Juhi bakar? Bisa hubungi Whatsapp 085213626011 atau BBM 5D370840 atau kunjungi Honeylizious.info untuk pemesanan makanan khas Pontianak termasuk Sotong Pangkong.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers