1 Juli 2016

Pontianak Kota Bersinar Bisa Hilangkan Bayanganmu



Pontianak Kota Bersinar adalah julukan yang sangat cocok untuk Kota Pontianak tercinta ini. Setiap kota ada julukannya masing-masing bukan? Kita bisa cek tuh di Wikipedia daftar julukan kota di Indonesia apa saja. Contohnya nih julukan kota santri, julukan Kota Sukabumi, kota pelajar terbaik di Indonesia, julukan Kota Semarang, julukan Kota Kebumen, sampai julukan Kota Malang. Banyak sekali julukan kota yang ada di Indonesia. Bahkan Kota Pontianak sendiri selain disebut sebagai Pontianak Kota Bersinar juga ada yang menyebutnya Bumi Khatulistiwa dan beberapa panggilan lainnya.

Tapi tahukah kamu, kalau Pontianak Kota Bersinar bisa menghilangkan bayanganmu dari muka bumi ini? Bukan naik ke khayangan ya! Keliru itu. Kalau bicara khayangan jadi ingat soal dongeng masa kanak-kanak dulu yang selalu bercerita tentang hal-hal yang tidak mungkin atau tidak masuk di akal. Lalu bagaimana dengan bayangan yang menghilang dari muka bumi? Terdengar tak masuk akal juga? Tenang, ini benar-benar bisa terjadi di Pontianak.

Ada hari di mana terjadinya fenomena Kulminasi. Di Pontianak sendiri fenomena ini terjadi dua kali dalam setahun dan 3 hari setiap kalinya, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September. Jadi sebenarnya Pontianak itu juga bisa dijuluki Negeri Tanpa Bayangan selain disebut sebagai Pontianak Kota Bersinar. Bedanya fenomena ini dengan gerhana adalah saat Kulminasi, cahaya matahari itu sangat terang. Kalau gerhana kan ada yang ditutupi sama bumi ya. Bisa gerhana bulan bisa juga gerhana matahari. Beda dengan gerhana yang terjadinya tidak terjadwal tetap seperti Kulminasi yang setiap tahunnya ya tanggalnya itu-itu saja.

Apabila matahari tertutup awan pada jam seharusnya terjadi Kulminasi ya bayangan kita tetap akan ada sih. Jadi benar bayangan menghilang? Tepatnya bukan menghilang melainkan bayangan kita sejajar dengan diri kita sendiri sehingga tidak terlihat. Sebab saat Kulminasi matahari tepat berada di atas kepala kita. Titik equator sejajar dengan matahari posisinya sehingga bayangan menjadi 'menghilang'. Selain fenomena menghilangnya bayangan benda yang berada di titik equator tersebut, kita juga bisa menyaksikan telur yang bisa berdiri tegak tanpa trik apa pun di titik tersebut.

Biasanya masyarakat akan berkumpul di Tugu Khatulistiwa dan banyak atraksi yang akan disuguhkan di sana. Tidak hanya wisatawan lokal yang datang ke sini. Banyak juga warga negara asing yang mampir dan ikut meramaikan acara ini. Mataharinya jangan ditanya deh, menyilaukan. Namanya juga Pontianak Kota Bersinar ya. Tentunya akan sangat terang deh cahaya matahari pada hari tersebut.

Buat yang belum pernah kehilangan bayangannya boleh banget nih mampir ke Pontianak. Sesekali kehilangan bayangan bakalan seru juga kan? Belum lagi banyak atraksi menarik yang sangat menghibur. Oh iya, walikota juga hadir di acara ini. Jadi yang belum kenal sama Pak Walikota juga bisa sekalian kenalan, syukur-syukur bisa selfie bareng.

Mampirlah ke Pontianak Kota Bersinar karena di sini kami punya banyak sekali tempat wisata kuliner yang enak-enak, belum lagi warung kopi yang dengan mudah bisa ditemukan di banyak tempat mulai dari jalan utama sampai gang-gang punya warung kopinya sendiri.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba SEO Pontianak Kota Bersinar yang disponsori oleh sponsor berikut ini.
3. Marici (Makanan Ringan Cianjur) 085793343845

2 komentar:

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers