24 Juni 2016

Kisah Bayi yang Dibuang di Jalan Sepakat 2 Pontianak


Sedih itu adalah pertama yang saya rasakan ketika melihat wajah bayi yang dibuang ibunya itu terpampang di internet. Sempurna tanpa ada kekurangan suatu apa pun. Entah apa yang ada di pikiran ibunya ketika dia membuang sang bayi. Padahal banyak sekali orang di luar sana yang ingin memiliki anak tapi tak mendapatkan rezeki seperti dia. Bagian yang paling miris lainnya adalah dia membuang sang bayi di tempat yang membuat bayi tersebut kedinginan, dengan ari-ari yang belum di potong.

Bayi yang dibuang itu sekarang sudah sehat. Belum seminggu sejak dia dibuang tapi sudah banyak sekali orang yang mau mengadopsinya menjadi anak sejak seorang dokter membagikan kisahnya di facebook. Saya masih bisa bersyukur sih bayinya tidak meninggal karena kedinginan dan sempat diselamatkan. Setidaknya nanti bayinya bisa memiliki masa depan di tempat yang baru bersama orang tua yang lain yang mau mengadopsinya menjadi anak.

Bayi ini tentunya bukan hasil hubungan yang baik ya. Kalau hasil dari pernikahan yang sah tentunya akan menjadi berkah bagi orang tuanya. Sedangkan dia seakan menjadi musibah. Saya bukan siapa-siapa untuk mengatakan jauhi seks bebas dan jauhi narkoba. Namun setidaknya buat siapa pun yang akan melakukan sesuatu yang bisa jadi memiliki risiko tinggi ke depannya, saya mohon pikirkan dengan baik apa yang dilakukan itu. Setidaknya punya jalan keluar ketika risiko tersebut sudah di depan mata. Tentu saja jalan keluarnya bukan dengan membuang darah daging kita seperti membuang sampah. Dia mahluk bernyawa. Punya hak untuk hidup. Sebagaimana diri kita sendiri yang punya hak untuk hidup di muka bumi ini. Jangan ambil haknya karena kita malu dengan keadaan yang akan kita hadapi kedepannya.

Lalu bagaimana caranya mengadopsi bayi yang dibuang orang tuanya ini?

Mengingat banyak sekali orang yang tertarik untuk mengadopsi bayi tersebut saya sarankan untuk langsung datang ke Dinas Sosial terkait. Saya sendiri tidak mengerti prosedur lengkapnya seperti apa. Namun yang jelas teman-teman bisa langsung tanyakan sendiri ke Dinas Sosial dan mendapatkan formulir yang harus diisi jika memang ada ya. Di internet banyak sih penjelasan cara mengadopsi bayi secara legal, bisa langsung googling saja.

Beruntunglah kita dilahirkan di tengah keluarga kita yang sekarang. Keluarga yang mau menerima kita apa adanya. Dapatkah kita bayangkan jika kita dibuang oleh orang tua kita karena kita hanyalah aib bagi mereka? Pernahkah kita membayangkan rasanya menjadi anak bayi itu? Anak bayi yang tak tahu apa-apa namun begitu berat hidup yang harus dia hadapi ke depannya karena harus berjuang sendirian tanpa bantuan ibu dan bapaknya.

Saya sendiri sudah punya Raza dan tidak memenuhi syarat untuk mengadopsi bayi tersebut. Jika tidak, saya sendiri pun ingin sekali mengambilnya dan memeluknya dengan hangat. Memberikan seisi dunia ini untuk dia lihat dan nikmati. Sebagaimana saya juga ingin diperlakukan saat dilahirkan ke dunia.

Belum punya anak? Serius ingin mengadopsi? Langsung datang saja ke Dinas Sosial ya. Saya yakin masih banyak anak-anak lain yang butuh uluran tangan kita dan merindukan hangatnya berada di tengah keluarga.



 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers