25 Juni 2016

Ayam Penyet Enak di Pontianak


Makanan memang soal selera. Begitu juga dengan rasa Ayam Penyet yang ada di Pontianak. Sampai sekarang, setelah bertahun-tahun pun saya masih suka sekali dengan ayam penyet Bu Nina. Terletak di Jalan Ahmad Yani dekat Jalan Parit H. Husin 1. Sekarang sudah punya cabang di Jalan Perdana. Ayam Penyet Bu Nina ini adalah ayam penyet pertama yang saya beli. Awalnya ayam penyet belum begitu booming seperti sekarang ya.

Kita dapat menemukan sajian ayam penyet di berbagai rumah makan. Bahkan di dekat rumah saya juga ada yang jual ayam penyet. Namun belum mampu melengserkan cita rasa Ayam Penyet Bu Nina yang sambalnya khas sekali. Harum jeruknya itu yang bikin lidah menggelora. Apalagi kalau suka pedas. Wiiiih... Ayamnya juga dipanggang dengan sempurna. Aroma yam panggangnya itu juga menggoda. Dengan harga yang cukup bersaing, Ayam Penyet Bu Nina bertahan di Pontianak bahkan sudah melebarkan sayap ke kawasan yang elit ya di Jalan Perdana.

Warung Ayam Penyet Bu Nina hari libur tutup ya, terutama hari Minggu. Terus bukanya juga nggak sampai malam. Jadi jangan harap bisa makan malam di sini. Bulan puasa juga tutup kalau sudah selesai melayani tamu yang buka puasa. Di luar bulan puasa seingat saya hanya sampai sore atau sampai ayamnya habis, tutuplah mereka. Nggak ada cerita tu karyawannya lembur karena pelanggan nggak habis-habis. Punya jadwal buka dan tutup yang sudah mereka taati.

Pilihan kedua saya ketika Ayam Penyet Bu Nina tidak buka atau sudah tutup tentu saja Ayam Penyet Pak Bowo. Cita rasanya juga tak jauh berbeda sama Ayam Penyet Bu Nina walaupun tetap saja saya akan lebih memilih Ayam Penyet Bu Nina ya, sambalnya itu yang memang bikin beda dan nggak terlupakan. Adik saya saja waktu datang ke Pontianak mintanya Ayam Penyet Bu Nina untuk makan buka puasa.
Di Pontianak ya, selain Ayam Penyet, yang banyak dijual orang akhir-akhir ini adalah Ayam Geprek. Saya tak begitu suka sih sebab ayamnya jadi kurang berbentuk dan sambalnya juga beda dari yang saya suka. Semuanya kembali lagi masalah selera. Saya nggak pinter masak hanya pinter makan, jadi saya banyak sekali makan makanan yang dijual di rumah makan. Itu sebabnya saya sering makan di rumah makan yang sama apabila rasa makanannya sesuai dengan lidah saya.

Oh iya hampir saja saya lupa, Ayam Penyet Bu Nina ini juga melayani pesan antar lho. Buat orang yang malas keluar kantor buat makan siang bisa langsung telpon dan minta antar saja. Saya tidak menyarankan datang ke Ayam Penyet Bu Nina saat mendekati jam makan siang ya. Bakalan antri lama soalnya. Mendingan awal-awal telpon dan minta antar pas jam makan siang. Lebih praktis dan nggak bikin emosi jiwa ya. Maklum orang lapar kadang tingkat kesabarannya tipis.

Bulan puasa begini Ayam Penyet Bu Nina juga rame menjelang jam 4 sore. Antrian bakalan panjang. Mendingan beli awal-awal kalau memang berniat berbuka puasa dengan ayam penyet.

Punya rekomendasi tempat makan enak? Share ke sini ya!

 

1 komentar:

  1. i love chicken wkwkkwkwkwk
    enak nih tapi sayang jauhhhh
    gw rumahnya temanggung jawa tengah

    salam kenal dari blog sebelah,,,mampir,,,komen balik,,,+followback ya buk
    http://ekienglandmuse.blogspot.co.id/

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers