60 Tahun Astra

60 Tahun Astra

24 April 2016

Memulai Bisnis Sampingan di Usia Muda, Ini Untung dan Ruginya



Menjalankan satu pekerjaan terkadang income bagi keluarga tak mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga tak heran banyak sekarang yang mulai melirik bisnis sampingan juga, mengingat potensi untuk mendapatkan keuntungan jauh lebih besar memang dengan menjalankan sebuah bisnis. Setara juga dengan resiko yang mungkin kamu dapatkan, nah tentunya banyak diantara Anda yang penasaran jenis bisnis apa yang paling menguntungkan sekarang ini.

Bisnis sendiri tak ubahnya sebuah roda kadang satu bidang ada di atas atau menjadi yang paling menguntungkan, namun juga ada kalanya kurang begitu menguntungkan, sehingga karena tak mau mengambil resiko banyak yang lebih senang menjalankan bisnis aman, dalam artian pilihlah yang memungkinkan untuk laku setiap saat. Beberapa tahun belakangan ini lebih populer jenis bisnis via online atau lewat sarana yang dikenal sebagai internet sehingga antara penjual dan pembeli sendiri tak harus memiliki kontak mata secara langsung, melainkan hanya dengan mengandalkan dunia maya untuk melakukan transaksi.

Di Indonesia jenis bisnis yang satu ini ternyata juga cukup banyak penggemarnya, tak hanya untuk orang dewasa melainkan juga kalangan muda, nah pelaku bisnis sampingan sendiri paling banyak adalah mahasiswa, mereka yang sudah mulai memiliki pandangan pekerjaan ke depannya, sebenarnya menjalankan usaha di saat usia muda sendiri memiliki banyak sekali keuntungan, namun juga tak memungkiri juga ada nilai minusnya, nah kenali beberapa poin tersebut berikut ini, yaitu:

Keuntungan:

  1. Sebagai pembelajaran, dengan menjalankan sebuah usaha mereka tak hanya melakukan apa yang ada dalam teori yang selama ini dipelajari melainkan lebih pada praktek secara langsungnya, karena terkadang hanya belajar melalui buku untuk pilihan wirausaha ini kurang begitu efektif, sangat berbeda rasanya dengan melakukan praktek bisnis langsung.
  2. Anak muda akan tau bagaimana sulitnya mencari uang, dengan hal tersebut tak akan mudah bagi mereka untuk menghamburkan uang yang di dapat dari orang tuanya.
  3. Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha, beberapa pengusaha terkadang bisa sukses karena ketidaksengajaan, iseng-iseng menjual suatu produk, namun ternyata laku keras di pasaran, ini akan membentuk jiwa atau keinginan dalam berwirausaha kian tinggi.
  4. Membantu membuka lapangan kerja yang baru, tak harus mengandalkan ijazah yang dimiliki untuk melamar kerja pada perusahaan lain, Anda bisa mengandalkan kemampuan bisnis tersebut untuk bekerja sendiri bahkan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Kelemahan:

  1. Sekali gagal maka kebanyakan menyerah, tak ada keinginan untuk memulai usaha yang baru karena memang usia tersebut masih sangat labil.
  2. Resiko gagal juga lebih besar, hal ini disebabkan karena mereka masih sangat awam terhadap dunia usaha, sehingga untuk pertama kali menjalankan resiko kegagalan jauh lebih besar terhadap wirausaha yang sudah cukup matang.
  3. Masih sering mengandalkan emosi dalam menjalankan usaha, salah satu contohnya adalah saat mendapatkan komentar kurang enak atau negatif dari calon konsumen, maka mereka cenderung membalasnya dengan cara negatif pula, padahal ini sangat berpotensi dalam merusak citra dari toko yang dibangun.

Namun dari sekian banyak poin yang dijelaskan, menjalankan bisnis sampingan dimulai dari usia muda bahkan mahasiswa sebenarnya memberikan Anda banyak sekali manfaat, nah jika memang sudah ada ide bisnis yang terpikirkan dalam kepala tak ada salahnya untuk action sekarang juga, siapa tau ini memiliki prospek yang cerah kedepannya, kamu bisa menjalankan sendiri atau dengan mengajak teman terdekat.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers