14 April 2016

Memahami Tanda Panel Indikator Mobil bagi Pengendara Wanita



Pengendara wanita biasanya sangat apik merawat mobil kesayangan untuk urusan kebersihan dan servis. Maklum saja deh, mobil merupakan alat transportasi pribadi yang harganya tergolong tidak murah. Kendati demikian, kini banyak pilihan mobil bekas berkualitas di Mobil123.com yang harganya cukup kompetitif.

Selain harus selalu siaga memperhatikan kondisi mobil, kaum wanita juga patut memahami tanda panel indikator mobil dengan baik. Karena biasanya tanda panel indikator memberitahukan informasi tentang kondisi mobil. Jadi, tanda panel indikator apa saja yang harus dipahami?

Memahami Arti Warna pada Panel Indikator
Panel indikator mobil biasanya terdiri dari 3 warna yaitu merah, kuning, dan hijau. Warna merah menunjukkan unsur keamanan. Warna merah menjadi penanda bahwa ada komponen mobil yang terganggu dan harus segera diperiksa. Sementara warna kuning juga menunjukkan salah satu komponen kendaraan sedang bermasalah.

Misalnya indikator ABS (Anti-lock Brack System) yang menyala menandakan ada masalah pada sistem air bag. Warna hijau pada tanda panel indikator tidak perlu membuat Anda khawatir. Sebab warna ini menunjukkan fungsi kendaraan sedang diaktifkan. Contohnya fitur transmisi pada mobil matic.

Lambang Tanda Seru Dalam Lingkaran
Tanda seru dalam lingkaran menunjukkan posisi rem tangan sedang diaktifkan. Agar mobil bisa berjalan, pastikan lambang ini tidak menyala ketika Anda hendak mengendarai mobil.

Lambang Tetesan Oli
Bila tanda panel indikator berupa tetesan oli berwarna merah sudah menyala, itu artinya jumlah oli mobil Anda sudah berada pada ambang batas. Segera lakukan pemeriksaan dan penggantian oli bila tanda panel indikator tersebut sudah menyala.

Lampu Indikator Bahan Bakar Mobil
Panel indikator mobil juga memiliki tanda berupa selang pengisian bahan bakar. Bila tanda tersebut menyala atau berkedip, itu artinya bahan bakar mobil Anda sudah habis dan harus segera diisi.

Penanda Temperatur Mobil
Indikator instrumen mobil biasanya bisa menunjukkan informasi temperatur mobil dengan jarum yang berada di antara C (cool) dan H (hot). Bila indikator temperatur yang bentuknya seperti termometer sudah menyala, berarti mobil Anda berada dalam kondisi sangat panas. Solusinya, matikan mesin mobil untuk beberapa saat untuk menurunkan temperatur mobil.

Jika Lambang Plus dan Minus Mulai Menyala
Lambang plus minus pada panel indikator mobil merupakan lambang yang menggambarkan performa aki mobil. Bila lambang tersebut menyala dan diiringi dengan kesulitan untuk menyalakan mobil, kemungkinan besar aki mobil Anda mulai rusak atau sistem kelistrikan mobil sedang terganggu.
Mengenal dan mengingat tanda panel indikator mobil ternyata bukan hal yang sulit, ya. Dengan mengenali beberapa indikator penting tersebut, kaum wanita pun bisa mengendarai mobil secara aman. Segera lakukan pengecekan dan perbaikan sistem mobil bila ada tanda indikator yang terus-menerus menyala pada mobil Anda.


Sumber:
otomotifnet.com/Mobil/Tips/Panel-Indikator-Menunjukan-Kondisi-Kendaraan#
blackxperience.com/autotips/detail/10-tanda-lampu-indikator-yang-wajib-diperhatikan

Waktu akses: 13 April 2016

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers