31 Maret 2016

Tips Melakukan Stimulasi Motorik Pada Bayi Berusia 1 Bulan


Cara Stimulasi Bayi - Tumbuh kembang bayi secara optimal tentu menjadi dambaan untuk setiap ibu dan ayah bukan ? Tentu saja. Nah, untuk bisa mendapatkan hal tersebut, tentu saja para orang tua harus bisa untuk memberikan langkah-langkah terbaik sebagai upaya membantu tumbuh kembang bayi secara optimal. Memahami tahap perkembangan bayi dan juga melakukan cara stimulasi bayi dengan tepat sesuai dengan tahap umur sang bayi adalah satu upaya yang penting. Nah, artikel ini sendiri akan mengulas mengenai cara stimulasi bayi berusia 1 bulan.

Foto kiriman Raza Damilio (@razadamilio) pada
Sebelum menginjak ke caranya, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa bayi memiliki perkembangan motorik yang dibedakan jadi dua, yakni motorik kasar dan juga halus. Perbedaannya adalah, untuk motorik kasar merupakan bagian dari kegiatan motorik yang menyertakan keterampilan otot-otot besar Sedangkan motorik halus menyertakan gerak otot-otot kecil. Contoh motorik kasar sendiri ialah merangkah, tengkurap. Sementara contoh motorik halus ialah mengambil sebuah benda.

Berikut ini cara stimulasi motorik kasar pada bayi berusia 1 bulan :

Sejak lahir, bayi mempunyai refleks untuk menggerakkan tangan serta kakinya. Ketika sang bayi telah memasuki usia 1 bulan, bayi akan mulai untuk belajar melakukan pergerakan lebih besar pada kaki serta tangannya. Nah, anda dapat memberikan stimulasi dengan cara menaruh mainan misalkan yang sekiranya mainan tersebut mengundang perhatian sang bayi. Tempatkan di atas tempat tidurnya supaya sang bayi terangsang untuk meraih mainan tersebut.

Sedangkan ini cara stimulasi motorik halus pada bayi berusia 1 bulan :

Anda perlu memberikan stimulasi untuk membuat jari-jari sang bayi terangsang. Caranya dapat ditembuh dengan menempelkan jari anda pada telapak tangan bayi dan biarkan sang bayi menggenggamnya. Selain jari, bisa juga memberikan mainan yang berbunyi dan dapat untuk dipegangnya. Ketika mainan tersebut digoyang-goyangkan oleh sang bayi dan berbunyi, disitu bayi mulai sadar apabila pergerakan tangannya telah membuat sebuah benda berbunyi.

Selain cara-cara tersebut, ibu juga dapat iringi dengan melakukan beberapa perawatan untuk menstimulasi bayi sejak dini. Salah satunya ialah dengan menjalani 4 langkah Zwitsal Baby Spa yang antara lain ialah Pijat Sehat, Mandi Ceria, Sentuhan Hangat dan Segar, serta juga Harum Terawat. Langkah-langkah sederhana tersebut dapat anda lakukan dirumah dengan produk-produk dari Zwitsal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers