60 Tahun Astra

60 Tahun Astra

3 Februari 2016

Perkembangan Anak Pada Usia 3 – 4 Tahun


Mau tahu tentang perkembangan anak usia 3 – 4 tahun? Apa saja yang sudah Anda ketahui tentang perkembangan anak Anda? Tahukah Anda ketika anak menginjak usia 3 tahun, di otaknya akan ada 1.000 trilyun sinapsis jika dia sehat, memiliki gizi yang baik dan tumbuh di lingkungan yang baik. Aktivitasnya tidak lagi seaktif otak di usia 0 – 3 tahun. Ada sinapsis yang akan terbentuk semakin kuat tetapi banyak sinapsis yang menghilang perlahan selama masa pertumbuhan. Ketika dia remaja biasanya hanya tinggal separuh dari sinapsis yang tetap tinggal.

Energi melimpah dan rasa ingin tahu sangat besar dimiliki oleh anak usia 3 tahun. Dia selalu ingin tahu segala sesuatu yang ada di sekitarnya, jadi tak heran jika dia akan sering menggunakan kata “ini apa?” untuk bertanya.
  1. Anak sudah bisa melakukan banyak hal seperti berjalan, berlari, menendang, memanjat dan melompat dengan mudah. Anak juga bisa turun tangga dengan sangat baik.
  2. Bisa naik sepeda.
  3. Bisa mengenakan baju sendiri
  4. Bisa membuat gambar garis .
  5. Bisa buka pintu sendiri ketika pintu tidak dalam keadaan dikunci .
  6. Bisa mengenali dan mengidentifikasi benda dan juga gambar dengan menunjuk .
  7. Bisa banyak bicara dan sering bertanya
  8. Bisa menguasai sekitar 900 kata.
  9. Bisa menyebut nama dan umurnya sendiri
  10. Bisa menyebutkan warna .
  11. Bisa memahami angka .
  12. Bisa bermain peran dengan benda atau mainannya .
  13. Bisa makan sendiri .
  14. Bisa memperhatikan sesuatu jauh lebih lama .
  15. Bisa berpikir lebih baik untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
  16. Bisa berhati-hati.
  17. Bisa mengungkapkan ekspresi cinta dan kasih sayang.
  18. Senang bermain tapi seringkali suka berebut dengan temannya dan tidak suka membagi. Mulai punya 1-2 teman dekat.
  19. Mulai berbagi ketika usianya 4 tahun.
  20. Bisa menggunakan toilet sendiri
  21. Bisa menggunting, menangkap 2 dari 3 lemparan bola setelah usianya 4 tahun.

Ketika anak berusia 3 – 4 tahu sudah saatnya orang tua membatasi tayangan televisi yang dapat dia tonton. Sebab di televisi ada tayangan iklan yang dapat membuatnya menjadi konsumtif apalagi jika yang ditayangkan adalah iklan produk camilan yang belum tentu menyehatkan. Ini akan merusak kebiasaannya memakan makanan yang baik. Orang tua harus memastikan acara yang dia saksikan adalah acara yang sesuai dengan kebutuhan anak. Terlalu banyak menonton televisi juga tidak baik buat anak karena mengurangi aktivitas fisiknya di luar.

Sebaiknya orang tua lebih sering mengajak anak untuk membaca atau melihat buku. Bercerita mengenai gambar yang ada di dalam buku cerita sangat menyenangkan buat anak-anak. Bisa mendongeng atau mengajak anak untuk mendendangkan lagu anak-anak. Selalu berikan semangat untuk anak makan. Berikan piring atau mangkuk untuk dia makan sendiri. Anak harus dibantu ketika mengenakan baju. Biasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun apabila dia sudah dari toilet atau akan makan.

Sebagai orang tua juga harus bisa memberikan perhatian pada perkembangan motorik halus anak. Selalu dengar dan jawab pertanyaan anak Anda. Semangati dia untuk bermain, menggambar atau membuat sesuatu sesuai dengan kreativitasnya. Kenalkan anak dengan rasa tanggung jawab dengan memberikannya tugas seperti merapikan mainannya atau sandalnya setelah digunakan. Jangan biarkan anak menonton adegan kekerasan di televisi. Latih anak untuk bisa bekerja sama dan saling membantu.

Dukunglah hal positif yang anak Anda lakukan. Semoga apa yang Anda berikan bisa mendukung perkembangan anak Anda di usia 3 – 4 tahun. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers