24 Februari 2016

Melumerkan Cokelat


Sejak pertama kali belajar bikin kue yang pake cokelat cair saya selalu gagal. Entah mengapa saya bingung mau bikin cokelat batangannya lumer. Mendingan beli cokelat cair aja kali ya? Soalnya terakhir kali saya melumerkan cokelat saya membuat sebuah mangkok kaca pecah. Retak sih awalnya lalu menjadi pecah. Hiiii ngeri deh membayangkan ada perabotan yang pecah lagi.

Saya sampai sekarang nggak kepengen lho jadinya bikin makanan yang membutuhkan cokelat yang dicairkan dengan suhu panas. Kalau punya oven listrik sih enak ya. Tinggal masukin dalam wadah terus panggang dalam oven beberapa saat lumer deh cokelatnya. Saya sering liat tutorial di Youtube yang melumerkan cokelat pake dua wadah. Wadah pertama diisi air kemudian wadah kedua disimpan di wadah pertama dan cokelatnya diaduk di wadah kedua. Sudah pernah liat yang sama?

Itulah tutorial yang saya ikuti dan membuat mangkok pecah. Salah pada mangkoknya atau pada saya? Entahlah yang jelas saya jadi bingung mau melumerkan cokelat. Tapi dari banyak tutorial itu juga sebenarnya banyak juga yang ngasih saran untuk melumerkan cokelat menggunakan alat khusus alias chocolate melter. Biar cokelat batangannya menjadi cair.

Sudah lama sih saya nggak bikin kue. Soalnya sekarang kesibukannya luar biasa dan kalau ada waktu luang saya lebih suka menghabiskannya untk tidur saja atau baca resep, nonton tutorial masak, kadang cuma main game sambil leha-leha di tempat tidur. Dari banyak yang saya lakukan ya main sosial media itu yang mendatangkan uang. Beda dengan bikin kue ya, diawal sih ngabisin duit nanti sudah mahir bisa dagang juga cuma ya itu saya kebanyakan gagalnya kalau bikin kue. Hahahahah...

Padahal dulu saya mahir banget bikin bolu buat dijual di warung kopi. Iya saya jualan kue buat mendapatkan uang tambahan bakal kuliah di Untan belasan tahun yang lalu. Sekarang juga masih jualan cuma bukan jualan kue yang dititip di warung. Sekarang jualannya lebih bergengsi. Maklum jualannya pake gadget. Jadi lebih naik dikit levelnya dibandingkan dulu. Omzet juga sudah jauh dibandingkan waktu masih usia tamatan SMA.

Eh tapi berapa pun yang kita dapatkan dengan cara halal tetap lebih baik ya dibandingkan dapat banyak dari korupsi. Kalau anak cucu kita dikasih uang hasil korupsi itu sama aja kita ngasih mereka makan sesuatu yang haram. Dan barang haram itu buruk bagi kesehatan.

Buat yang punya trik buat bikin cokelat meleleh dengan gampang kasih tahu ya? Asal jangan kasih tipsnya kayak gini, cokelatnya dijemur sampai benar-benar meleleh. Hehehehe...

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers