5 Februari 2016

Kinetic Sand: Mainan Edukatif untuk Anak


Siapa di sini yang merupakan generasi 90-an? Acungkan telunjuknya ya! Aduh rindu sekali dengan masa kecil saya sebagai generasu 90-an. Di masa tersebut belum ada gadget. Bahkan belum ada listrik di tempat saya. Pokoknya kampung yang terpencil banget dulunya tempat kelahiran saya itu. Dari banyak permainan yang pernah saya mainkan bersama teman-teman saya ada permainan yang biasanya saya mainkan sendiri. Iya saya nggak jarang main sendiri di halaman atau di dalam rumah. Ada satu permainan favorit yang sering saya mainkan sendiri lho teman-teman.

Main apa?

Main pasir. Wih sekarang ngetrendnya namanya tuh kinetic sand. Termasuk pula dalam permainan edukatif. Saya beruntung banget dong ya dulu tinggal di kampung. Pasir banyak. Main pasir nggak dimarahin. Suka ngumpulin wadah buat bikin kue dari pasir. Saya suka sekali menggali tanah di halaman rumah nenek saya. Di situ ada bermacam-macam warna pasir. Ada yang putih, hitam, agak oren, dan kadang agak merah.

Pasir itu akan saya kumpulin dan dijadikan bahan bikin kue. Caranya ya dibentuk menggunakan wadah. Bikin kue lapis misalnya, ya tiap warna dimasukin ke wadah. Ditekan-tekan biar padat. Terus ditimpa lagi dengan pasir yang warnanya paling kontras. Habis itu mengeluarkannya pelan-pelan ada di atas wadah yang datang semacam piring mainan. Terus untuk melihat lapisan warna kuenya, segera dilakukan pemotongan.

Itu permainan yang sangat sederhana. Tapi saya senang sekali bisa melakukannya dulu. Biarpun sendirian saya sangat menikmatinya. Ternyata itu permainan yang bagus ya buat tumbuh kembang anak. Nggak kebayang kalo saya dulu nggak sibuk main pasir di halaman rumah nenek saya, pasti nggak akan ada tulisan ini yang menceritakan betapa bahagianya masa kecil saya. Di satu sisi memang ada yang tidak membahagiakan namun itu hanya bagian kecil yang membentuk saya menjadi diri saya yang sekarang.

Nanti kalau Raza sudah cukup besar dan mengerti bahwa tak semua benda harus dicek menggunakan lidah dan mulut, saya akan menyediakan pasir buat dia main. Seperti saya yang senang memainkan pasir waktu masih kecil dulu. Apalagi kinetic sand ini warnanya ngejreng-ngejreng. Bakalan menarik banget buat anak-anak. Saya pengen bikin kue pasir kayak saya masih kecil dulu. Ah sudah nggak sabar mengajak Raza melakukan banyak hal yang dulu selalu saya lakukan.

Teman-teman sudah ada yang main pake kinetic sand? Ceritakan pengalamannya di sini ya!

 

1 komentar:

  1. wah jaman aku kecil paling suka kalau ke pantai main pasirrrrr. Annakku lagi kecil jarang main pasir

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers