26 Februari 2016

Cara Mengatasi Ruam Popok Dan Pencegahannya

A photo posted by Raza Damilio (@razadamilio) on

Mempunyai anak yang terkena ruam popok pada sebagian orang tua mungkin menjadi masalah tersendiri yang menyikapinya terlalu waswas atau hawatir. Apalagi bagi ibu-ibu muda yang baru mempunyai bayi kecil, tentunya pengetahuan akan ruam popok yang terjadi masih minim, sehingga dalam menghadapinya terlalu berlebihan. Walaupun pada dasarnya ruam popok dapat sembuh sendiri seiring berjalannya waktu, namun jika ini dibiarkan tanpa adanya upaya penanganan untuk bayi, pasti membuat bayi anda sering menangis karena rasa perih yang dirasakannya, selain itu ruam popok ini juga menjadikan bayi kurang nyaman. Oleh karena itu sebagai orang tua anda perlu tahu tentang bagaimana cara mengatasi ruam popok dan juga penvegahannya.
Sebelum membahas mengenai bagaimana mengatasi ruam popok, sebagai orang tua anda harus mengetahui bahwa ruam popok merupakan masalah yang sering terjadi kepada bayi. Penyebab dari ruam popok sendiri dapat terjadi karena berbagi macam, misalnya karena popok bayi yang basah akibat urin atau kotorannya dan terlambat dalam mengganti dan membersihkannya. Hal seperti ini tentunya dapat membuat kulit bayi menjadi lembab, dan dengan kulit bayi yang lembab dan kotor ini menjadikan kulit bayi menjadi mudah terkena infeksi yang berkembang menjadi ruam popok.
Untuk mengatasi bayi yang terkena ruam popok sendiri, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya. Jika penyebabnya dari popok yang terlambat diganti maka sebagai orang tua anda harus lebih memperhatikan lagi saat popok bayi anda basah. Kalau dari penyebabnya berasal dari makanan yang dikonsumsinya karena adanya alergi, maka sebaiknya anda memperhatikan makanan yang akan diberikan kepada buah hati. Berikan bayi anda yang sesuai untuknya dan membuatnya terhindar dari alergi yang dapat menjadi ruam popok.
Untuk pencegahannya sendiri anda dapat mengganti popok yang dipakai bayi anda saat basah atau kotor. Sebelum anda mengganti popok bayi anda maka terlebih dahulu bersihkan area yang tertutup popok dengan rapi menggunakan air atau waslap, setelah itu keringkan dengan menggunakan handuk sampai benar-benar kering sempurna. Pada waktu-waktu tertentu andapun dapat membiarkan bayi anda untuk sementara waktu tidak menggunakan popok, sehingga area yang sering memakai popok bayi dapat terkena udara dengan bebas.
Hal lainnya yang dapat anda lakukan untuk mencegah ruam popok yaitu saat anda membersihkan area popok bayi dapat menggunakan sabun khusus bayi supaya bayi anda tidak mengalami iritasi. Saat menggunakan popok juga jangan terlalu mengikatnya dengan terlalu ketat, atau memakaikan popok yang terbuat dari bahan plastik, karet, atau nilon yang dalam menyerap cairannya kurang baik untuk kulit bayi anda.






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers