60 Tahun Astra

60 Tahun Astra

1 Februari 2016

Beasiswa Utusan Daerah, Jalur Masuk Bagi Putra Daerah Berprestasi




Ada banyak cara untuk bisa diterima masuk di IPB (Institut Pertanian Bogor), dari mengikuti SNMPTN dan SBMPTN, Ujian Talenta Masuk, Prestasi Internasional-Nasional, dan satu lagi, yaitu lewat Beasiswa Utusan Daerah atau BUD. Beasiswa ini, sesuai dengan namanya, direkomendasikan oleh pemerintah daerah untuk putra-putri daerah yang berbakat. Biaya untuk beasiswa ini sendiri adalah gabungan antara biaya dari Pemda, pemerintah pusat, atau dari lembaga swasta.

Tujuan dari diterimanya mahasiswa yang mendapatkan BUD ini tentunya adalah dengan harapan bahwa lulusan daerah ini nantinya akan kembali ke kampung halaman mereka tersebut, dan mengembangkan daerah mereka. Inilah sebabnya kenapa calon mahasiswa yang bisa mendapatkan beasiswa ini haruslah mereka yang memang berprestasi. Jika Anda mendapatkan beasiswa ini, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan adalah:

  • Biaya pendidikan Anda akan diberikan dari masa awal kuliah sampai akhir, dan besarannya sendiri juga akan tetap dan tak berubah.
  • Anda tak perlu lagi membayar SKS, termasuk juga ketika harus mengikuti ulang mata kuliah.
  • Tidak perlu melakukan daftar ulang setiap semesternya.

Tentu saja, karena beasiswa ini adalah untuk mengembangkan talenta daerah, Anda yang ingin mendapatkan beasiswa ini agar bisa masuk Institut Pertanian Bogor haruslah memenuhi persyaratan di bawah ini:

  1. Anda adalah calon mahasiswa yang berasal dari jurusan IPA.
  2. Anda harus terdaftar telah mempunyai sponsor atau penyandang dana.
  3. Anda direkomendasikan oleh pemerintah daerah, pusat, atau lembaga.
  4. Berumur maksimal 25 tahun.
  5. Mempunyai nilai rapor semasa SMA yang bagus (nilai di atas 7.00 untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, Kimia, dan Biologi di 5 semester pertama).
  6. Sehat jasmani rohani, tak menggunakan narkoba.
  7. Mau tinggal di asrama IPB di tahun pertama.

Anda yang diterima dengan cara ini di IPB (Institut Pertanian Bogor) mendapatkan banyak keuntungan dibandingkan jalur lainnya. Selama syarat-syarat tersebut terpenuhi, kemungkinan diterima sangatlah besar. IPB sendiri akan mengumumkan hasilnya melalui Pemda, pemerintah, ataupun lembaga swasta. Bagi yang berminat, Anda bisa mencari tahu informasi di situs Dinas Pendidikan pada masing-masing daerah Anda.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers