20 Januari 2016

Tips dalam Perawatan Sang Bayi Mungil







Perawatan bayi sangatlah perlu dilakukan oleh orang tua yang memiliki bayi sebab perawatan akan membuat bayi tumbuh menjadi sehat dan perkembangannya akan menjadi cepat. Sebenarnya merawat sang bayi akan menjadi menyenangkan apabila Anda mengtahu trik yang praktis. Berikut ini ialah tips “perawatan bayi” yang bisa dijadikan sebuah panduan bagi Ibu yang telah memiliki bayi:
1. Terdapat cairan berwarna putih pada tali pusat yang dapat dikatakan masih basah. Tidak membutuhkan sebuah penanganan yang khusus, pastikanlah tali pusat ini tak beraroma busuk.
Solusinya adalah: Seusai bayi dimandikan, maka bungkuslah tali pusat tersebut dengan menggunakan kain kasa yang terlebih dahulu disiram alkohol 70%. Janganlah Anda taburi antibiotik ataupun bedak.
Anda dianjurkan ke dokter apabila: kulit disekitar tali pusat sang bayi menjadi merah, bengkak ataupun terlihat berdarah.
2. Mata bayi lengket.
Solusinya adalah: bersihkanlah mata sang bayi dengan menggunakan media kapas yang terlebih dahulu dibasahi dengan air yang matang dari arah hidung hingga telinga. Gunakanlah satu kapas dalam sekali masa pembersihan.
Anda dianjurkan ke dokter apabila: ada acairan berwarna kuning dan juga membuat semakin lengket.
3. Mulut berbau tak sedap.
Hal ini dapat dikarenakan bayi mulai ngiler akibat giginya yang akan segera tumbuh. Agar mulut terjaga dan tak menimbulkan bau sedap
Solusinya adalah: setelah makan ataupun minum susu, sangat disarankan untuk bersihkan mulut bayi dengan menggunakan sikat gigi yang khusus. Ataupun dengan menggunakan kain basah yang dicelupkan ke air yang telah matang lalu dililit di jari lalu sosokkanlah ke gigi sang bayi.
4. Gigi yang mulai tumbuh. Hal ini akan membuat bayi akan menjadi malas makan, dan juga menjadi rewel hal ini dikarenakan gusinya yang sakit dan juga akan mengeluarkan banyak sekali air liur.
Apabila demam, maka berilah obat sebagai penurun panas.
Berilah mainan yang bisa digigit-gigit oleh sang bayi.
Lakukan semacam pijatan yang ringan di daerah raham bagian mulut supaya bayi tenang dan juga lebih nyaman.
5. Hidung yang tersumbat.
Solusinya adalah: Anda dapat menggunakan krim sebagai penghangat yang bersifat khusus untuk sang bayi.Oleskan ke bagian dada akan tetapi apabila kulit bayi sangat sensitive, maka dapat mengoleskan pada bagian luar kaus dalamnya sehingga tak langsung terkena kulit.
6. Terdapat semacam bekas bercak-bercak merah di sekitar area mulut dan juga pipi. Hal ini dikarenakan bekas tetesan air susu Ibu. Maka sebaiknya seusai menyusui, sebaiknya membersihkan seputar area mulut dan juga pipi sang bayi dari bekas-bekas susu tersebut dengan menggunakan air yang bersih dan juga menggunakan lap yang berperan dalam mengeringkannya.
Janganlah sekali-kali menaburkan bedak di area atas kulit yang mengalami kemerahan, sebab dapat membuat kulit bayi menjadi kering, bahkan dapat memicu kulit ini menjadi gatal.
7. Pilek
Solusinya adalah: Agar tidak mengalami masalah dehidarasi atau dengan kata lain kekurangan cairan tubuh, maka sangat diwajibkan memberi minuman yang cukup. Apabila masih meminum ASI maka sering-seringlah menyusui. Jemurlah sang bayi pada pagi hari, sebab kegiatan yang sederhana ini akan dapat membantu dalam mengeluarkan lender di area hidung.
Lakukanlah: bersihkan lendir dengan menggunakan sapu tangan atau kain yang tergolong lembut dan juga mudah menyerap air ataupun dengan menggunakan tisu yang sangat lembut.
Semoga informasi ini dapat membantu dan juga dapat menambah wawasan Anda.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers