26 Februari 2015

Efisiensi Energi di Dunia Industri


Pesatnya pertumbuhan jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi Indonesia membuat kebutuhan akan energi juga semakin meningkat, utamanya energi listrik yang dipakai di hampir semua sektor. Kondisi ini layak untuk disikapi mengingat ketersediaan sumber energi yang terbatas, termasuk sumber energi listrik yang masih butuh banyak penambahan pembangkit tenaga listrik. Persoalan itulah yang membuat pembicaraan yang terkait dengan efisiensi energi seolah tidak pernah ada habisnya untuk dikupas.
Menurut data yang ada, peningkatan kebutuhan energi listrik di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan sebesar 7% dalam kurun waktu 30 tahun terakhir. Jumlah yang cukup besar tersebut masih belum berimbang dengan pembangunan pembangkit tenaga listrik yang telah dilakukan. Akibatnya, kebutuhan listrik masyarakat dan dunia industri masih belum dapat tercukupi secara maksimal.
Jika diklasifikasi, ada 4 sektor utama yang menjadi pengguna energi listrik, yakni sektor rumah tangga, sektor transportasi, komersial, serta industri. Diantara keempat sektor tersebut, sektor industri adalah pengguna energi listrik terbesar dengan pangsa sekitar 38%. Oleh karena itu, sosialisasi energy efficiency yang selama ini gencar dilakukan kepada masyarakat seharusnya diubah dengan mengalihkan titik fokus sosialisasi kepada para pelaku industri.
Efisiensi energi listrik di dunia industri sangat penting dan berdampak besar, karena penggunaan beragam peralatan dan tekhnologi, baik untuk proses pengolahan, manufaktur, proses pengemasan, maupun untuk unit-unit pendukungnya, jika bisa dihemat maka selain dapat berdampak pada penekanan harga jual dari produk yang dihasilkan oleh industri tersebut, energi yang dihemat juga bisa dimanfaatkan oleh sektor lain yang juga sangat membutuhkan.
Penghematan energi listrik di dunia industri dapat dilakukan dengan pemakaian tekhnologi yang hemat energi. Salah satu contoh lewat penggunaan sistem Combined Heat and Power (CHP) atau Co-Generation, yakni penerapan sistem terintegrasi antara energi listrik dengan energi panas. Penghematan energi di sektor industri juga bisa dilakukan lewat efisiensi motor-motor yang digunakan yakni lewat perbaikan desain dan perbaikan sistem operasionalnya, termasuk penggunaan variable speed drive yang dapat menyesuaikan kecepatan konversi motor dengan bebannya.
Managemen energi juga bisa menjadi salah satu solusi penghematan energi, yakni dengan penerapan Sistem Managemen Energi (ISO 500001 : 2011) untuk mengatur banyaknya energi yang dikonsumsi.
Solusi lain untuk melakukan energy efficiency di dunia industri adalah dengan memanfaatkan jasa perusahaan yang mampu memberikan solusi terkait dengan upaya yang dilakukan pelaku industri dalam melakukan penghematan energi. Perusahaan yang dapat memecahkan persoalan ini adalah Sewatama. Dengan produk dan layanan yang mencakup solusi jasa perusahaan energi terintegrasi, Sewatama menawarkan penghematan energi bergaransi dan penggunaan energi yang berbiaya efektif.


Alat Dapur Unik Untuk Anak



Alat dapur unik dapat menghasilkan bentuk makanan lucu yang meningkatkan selera makan anak. Dunia anak kita adalah dunia fantasi sehingga bentuk makanan begitu mempengaruhi nafsu makannya. Anda bisa menggunakan alat yang berbeda berikut ini untuk menyajikan makanan buah hati. Pasti mereka akan tertarik.
Teflon Kartun
Alat dapur pertama yang harus anda miliki adalah teflon berbentuk kartun. Silahkan pilih bentuk kartun yang disukai anak, bahkan anda bisa mengajak buah hati ketika membelinya. Biar dia memilih sendiri teflonnya. Nah, anda bisa menggoreng telur atau pancake di teflon tersebut. Buah hati anda pasti lebih doyan makan sekarang.
Cetak Puding
Alat dapur antik kedua yang bisa meningkatkan selera makan anak adalah cetakan puding atau agar-agar. Anak-anak suka sekali makan puding. Lebih baik ibu buatkan sendiri di rumah yang lebih terjamin kebersihan dan kualitas masakannya. Nah, agar lebih menarik, cetak puding anda di tempat yang lucu dan membentuk kartun atau binatang.
Cetakan puding juga ada yang berbentuk buah. Sembari menarik perhatian, ibu juga bisa mengenalkan bentuk buah dan binatang kepada buah hati. Ajak anak untuk memasak bersama agar lebih tertarik memakannya.
Gelas Kartun
Model gelas anak sekarang ini sunggung bervariasi. Tidak hanya gambarnya saja yang banyak, tapi juga bentuknya. Ada gelas bentuk binatang, misalnya kucing dan sapi. Ada juga alat untuk meletakkan kopi dan biscuid secara bersebelahan. Nah, miliki alat dapur unik yang disukai anak agar ia mau minum susu dan jus buatan bunda. Ajak anak ketika membelinya agar ia benar-benar tertarik dengan tempat minumnya tersebut.

Piring Gambar Unik
Selain gelas, ibu juga bisa memiliki piring yang bergambar dan berbentuk unik. Akan lebih baik kalau dilengkapi dengan sendok dan garpu unik. Jadi alat makan buah hati kita benar-benar sesuai dengan dunianya.
Setelah selesai memasak dan makan, cuci alat dapur anda dengan sabun sunlight agar minyak, kotoran dan bakteri yang menempel benar-benar hilang. Kebersihan alat dapur antik merupakan dasar dari makanan ibu dan sabun sunlight membantu ibu mewujudkannya.


Mengapa Harus Dengerin Radio Volare?

Sebelum memulai postingan ini lebih jauh, pengen ngucapin dulu selamat ulang tahun untuk Radio Volare. Sudah 42 tahun usianya. Semoga semakin jaya di udara. Inilah dia radio swasta tertua di Pontianak, Kalimantan Barat. Bahkan lebih tua dari saya sendiri.

Mengapa kita harus dengerin Radio Volare?

1. Penyiarnya
Pernah nggak sih dengar radio dan langsung tahu itu radio apa dari penyiarnya? Biasanya setiap radio punya karakter penyiar yang sesuai dengan standar mereka dan dapat dipastikan warna penyiarnya kurang lebih seragam. Akan beda saat kamu memutuskan buat dengerin Radio Volare. Setiap penyiar punya karakternya sendiri-sendiri. Meskipun kami mengudara di stasiun radio yang sama tapi coba deh dengerin penyiarnya. Semua punya perbedaan dalam kebersamaannya.

2. Lagunya
Buat saya sendiri lagu adalah faktor penting dalam bersiaran. Semua orang punya selera masing-masing dalam mendengarkan musik. Di Radio Volare playlistnya sangat beragam. Sesuai dengan program yang sedang mengudara. Nggak hanya sekadar memutarkan lagu yang sedang ngehits, baru, atau dicari orang, di Radio Volare juga sering memutarkan lagu yang menambah wawasan kamu soal lagu. Bahkan lagu-lagu yang bisa jadi nggak bakalan kamu temukan di radio yang lain.

3. Informasi
Di Radio Volare penyiar nggak hanya sekadar cuap-cuap kosong. Banyak hal yang berusaha kami berikan untuk Bujang Dare pendengar setia kami. Banyak program yang dibuat untuk memberikan informasi baru dan tentu saja bermanfaat untuk Bujang Dare.

4. Setia
Radio Volare setia menemani segala aktivitas Bujang Dare dari pagi sampai larut malam. Banyak program yang membuka interaksi dan bisa Bujang Dare ikuti setiap harinya. Aktivitas Bujang Dare juga tidak terganggu saat mendengarkan radio. Sebab radio bisa disimak disela-sela aktivitas Bujang Dare. Tinggal nyalain radionya dan ke gelombang 103.4FM deh.

5. Kuis
Di Radio Volare juga sering banget ngadain kuis berhadiah buat Bujang Dare. Jadi buat pemburu hadiah jangan sampai kelewatan kuis-kuisnya ya! Banyak hadiah menanti Bujang Dare.

6. Lebih hidup
Mendengarkan playlist yang ada dismartphone atau mp3 memang bisa dilakukan jika kita ingin menyimak lagu favorit kita. Tapi apakah dengan mendengar playlist tersebut kita merasa ada yang menemani? Saya sendiri merasa bahwa dengan mendengarkan lagu-lagu dari radio yang sudah diatur oleh operator dan diselingi iklan dan juga suara penyiar membuat kita yang sedang beraktivitas sendirian merasa ditemani. Beda lho rasanya mendengarkan lagu yang sama dari radio dan dari playlist pribadi. Dari radio terasa lebih hidup. Apalagi saat penyiar menyapa atau membuka jalur interaksi untuk pendengarnya. Di Radio Volare kami menyediakan itu!

Kamu sendiri bagaimana?

Mengatasi Konstipasi Ibu Hamil dengan Pisang

Sudah banyak yang tahu pastinya masalah ibu hamil tuh macem-macem. Mulai dari mual, muntah, sakit pinggang, pusing, badan ngilu, sampai susah buang air besar. Saya sendiri masalah yang paling penting untuk ditanggulangi adalah masalah BAB. Susah buang air besar itu sangat mengganggu rasanya dibandingkan masalah yang lain. Bahkan sakit di pangkal paha itu rasanya belum ada apa-apanya dibandingkan nggak buang air besar setiap hari.

Pisang, memang sangat baik untuk melancarkan pencernaan, mengatasi mual dan muntah juga. Walaupun saya sendiri rasanya tak mengalami mual dan muntah seperti orang hamil pada umumnya. Hanya rasa kantuk yang agak berlebihan selama hamil dan saya jadi rajin tidur siang. Makan pisang untuk sarapan adalah yang termanjur buat saya melancarkan pencernaan dibandingkan makan pisang pada waktu yang lain.

Jadi bangun tidur, yang saya cari pertama adalah pisang. Setidaknya saya makan 5-10 pisang Singapore atau Otel (bahasa Sambas). Ini adalah jenis pisang yang sering kita temukan saat resepsi pernikahan. Pisang jenis ini biasanya untuk cuci mulut sehabis makan. Satu atau dua jam setelah makan pisang saya langsung buang air besar.

Saya pernah baca juga kalau tubuh akan melakukan pembuangan besar itu sekitar jam 7-9 pagi. Jadi usahakan makan pisangnya sebelum jam biologis untuk pembuangan. Sehingga kontraksi lambung untuk membuang air besar lebih terbantu lagi dengan asupan pisang sebelumnya. Jadi ibu hamil yang susah buang air besar setiap hari bisa plong pagi-pagi.

Saya suka merasa nggak nyaman kalau belum buang air besar setiap hari. Apalagi kalau buang air besarnya sekali dalam tiga hari. Dapat dipastikan akan susah sekali mengedan dan khawatir ambien atau ada luka di anus. Sering saya berharap saya mencret dan buang air besar dengan lancar supaya tak perlu berlama-lama di toilet. Namun itu juga bukan pilihan yang tepat bukan?

Buat teman-teman yang sekarang sedang hamil dan susah buang air besar yuk mulai sekarang pagi-pagi sarapannya pisang kayak saya. Siapa tahu bisa manjur juga kan?

Pusat Destinasi Belanja dengan Diskon

Bagaimana rasa saat memutuskan belanja online tetapi kemudian menemukan produk yang diinginkan diskonnya di tempat-tempat yang berbeda. Misalkan nih teman-teman butuh 5 produk terus ada beberapa yang diskon di online store A tetapi produk lainnya yang tak ada diskon malah diskon di online store B. Membeli terpisah selain merepotkan tentunya akan membuat kita dikenakan ongkos kirim yang berbeda pula. Iya kalau sebanding dengan diskon yang kita dapatkan. Nah, kalau enggak? Belum lagi jika 5 produk diskonnya di 5 tempat pula. Pastinya bikin dongkol ya?  





Makanya sekarang ini harus pintar-pintar memilih tempat untuk belanja. Apalagi untuk mendapatkan diskon semua produk yang kita inginkan. Emang ada satu tempat yang isinya diskon semua? Ya ada dong! Cuma harus teliti aja kalau memang ingin berbelanja murah. Di Indonesia sudah ada kok satu tempat yang bisa jadi one stop shopping yang bisa jadi pilihan buat mendapatkan berbagai penawaran dengan potongan harga yang lumayan. Tidak hanya menawarkan potongan harga untuk satu dua produk. Tapi buanyak banget yang didiskon di sini.   Intip-intip deh di http://iprice.co.id/shop/ yang sedang mengembangkan affiliate storenya. Jadi kita sebagai pembeli akan sangat diberikan kemudahan untuk berbelanja di satu platform aja. Ya di iPrice.

Nggak ada lagi deh pengalaman kita keliling toko online untuk ngecek harga produk tertentu. Membandingkan harga produk yang sama di platform yang berbeda. Apalagi sampai capek memburu diskon di tempat yang lain untuk mendapatkan harga semiring mungkin.   Jadi sekarang mudah sekali berbelanja sambil berburu diskon dengan platform iPrice.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design