12 Januari 2015

Merayakan Postingan ke-4000?





Alhamdulillah hingga hari ini masih diberikan kesehatan yang tak terkira beruntungnya. Masih bisa menulis setiap hari. Bahkan masih bisa membayar hutang tulisan jika memang saya sudah melewatkan beberapa hari tanpa menulis sama sekali. Melihat kembali ke tahun-tahun yang lalu. Ternyata tahun 2013 adalah tahun keemasan blog ini. Di mana saya bisa menghasilkan tulisan sampai lebih dari 2.000 postingan. Entah apa yang saya tulis waktu itu. Satu hal yang jelas, tahun 2013 itu saya lajang sekitar 10 bulan sebab bulan ke-11 akhirnya saya menikah.


Saya ingat betul tahun 2013 itu saya punya target untuk menulis postingan sebanyak jumlah bulan pada tanggal tersebut dalam satu harinya. Saya memulainya bulan Maret dengan 3 postingan sehari dan menutupnya bulan Desember dengan menulis 12 postingan sehari. Ternyata saya bisa menyelesaikan tulisan tersebut meskipun dikejar-kejar dengan persiapan pernikahan bahkan bulan madu dan beberapa lomba menulis. Saya pikir memang tahun puncak saya sebagai blogger selama beberapa tahun ini adalah tahun 2013 tersebut. Lalu tahun 2014 semangatnya tak sekencang tahun sebelumnya. Bukan mengendor sih kali ya? Karena sekarang sudah menikah saya sudah mulai memikirkan untuk menuliskan sesuatu yang menghasilkan uang juga disamping menulis karena hobi.


Jadi ketika menulis banyak artikel yang saya hasilkan tak dipublikasikan di blog melainkan di website yang lain. Beda sih rasanya ketika menuliskan untuk blog dan untuk website orang lain. Dari gaya bahasanya juga harus diubah menjadi lebih formal.

Sekarang sih masih belum genap 4.000 postingan. Ini saja masih postingan yang ke-3929. Masih butuh 71 artikel lagi untuk mencapai 4.000. Kemungkinan pada ulang tahun yang ke-4 blog ini, postingannya sudah mencapai lebih dari 4.000 sebab ulang tahunnya nanti tanggal 2 Mei 2015.

Sepertinya harus membuat target menulis seperti tahun 2013 kemarin nih, supaya postingan di blog ini lebih bertambah banyak. Ini sih masih bulan Januari ya, jadi masih menulis 1 postingan setiap harinya minimal. Nantikan bulan Februari dan selanjutnya. Apakah saya bisa mematahkan rekor saya sendiri yang ada di tahun 2013? Apakah saya akan menulis lebih dari 2.370 postingan?

Saya sendiri tidak tahu pasti sebab pada waktu sekarang saya sedang mengandung dan beberapa bulan lagi akan melahirkan bayi pertama kami. Belum lagi rencana pindah rumah yang masih belum jelas. Uwan pun belum datang ke sini untuk menemani saya selama saya dalam masa 40 hari. Namun, jika tahun 2013 lalu saya bisa, seharusnya tahun ini juga bisa. Seharusnya. Saya hanya perlu memompa semangat lagi untuk mencari alasan menulis lebih banyak. Blogwalking lebih sering dan tentunya mencari tema sebanyak mungkin untuk dijadikan bahan tulisan.

Apa ya yang akan saya tulis sebagai postingan ke-4.000 nanti?



Copywriter dan Copywriting



Berdasarkan informasi yang tercantum di Wikipedia: Copywriter adalah profesi di lingkungan periklanan yang bersifat komersial yang tugasnya menulis naskah iklan, baik untuk iklan cetak (print ad), iklan televisi (TV Commercial), iklan radio (Radio Commercial) dan segala macam bentuk komunikasi merek. Seorang Copywriter berpasangan dengan Art Director (Penata Artistik), membuat sebuah konsep iklan. Atasan mereka adalah Creative Director dan mereka di dalam Creative Department di sebuah perusahaan iklan (Advertising Agency).


Dari makna copywriter sendiri dapat ditarik sebuah kesimpulan mengenai copywriting. Jadi copywriting adalah tulisan yang dihasilkan di lingkungan periklanan yang bersidat komersial yang isinya merupakan sebuah naskah iklan dari sebuah produk atau merek. Berbeda dengan review yang menunjukkan kelebihan dan kekurangan sebuah produk atau merek, copywriting lebih kuat pada sisi persuasifnya. Mengajak orang lain supaya tergoda untuk menggunakan produk atau merek tersebut.


Susah nggak sih copywriting itu? Menjadi copywriter bisa susah bisa juga mudah. Bergantung lagi pada pengetahuan seorang copywriter pada produk atau merek yang dia iklankan. Tetapi paling penting adalah bagaimana kita mencintai copywriting itu sendiri. Jika kita mencintai apa yang kita kerjakan, mau sesusah apa pun pastinya kita akan melakukannya sebaik mungkin. Semaksimal yang kita mampu. Sebab bagi saya sendiri, saya lebih suka bekerja di bidang yang saya suka dibandingkan harus menyukai apa yang saya kerjakan. Itu sebabnya saya tidak akan masuk ke dunia kerja yang tidak saya sukai.


Saat kamu memutuskan untuk menjadi copywriter dan menuliskan sebuah iklan, pastikan di dalam dirimu dulu betapa kamu mencintai pekerjaan itu. Sebab copywriting bisa menjadi hal yang menyenangkan saat kamu menyukainya dan sebaliknya ketika kita tak memiliki rasa kecintaan pada hal tersebut pastinya akan menyulitkan saat dikerjakan.

Sebab ketika kamu telah menjadi seorang copywriter kamu harus siap membuat ulasan yang bisa menarik orang lain untuk menggunakannya dan harus siap pula dengan segala kritikan dari atasan. Paling penting lagi, siap memperbaiki kembali tulisan yang sudah dibuat apabila memang tidak memuaskan buat orang yang bekerja sama denganmu sebagai atasan.

Sudah siap untuk copywriting?




 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design