60 Tahun Astra

60 Tahun Astra

8 Desember 2015

Tahap Perkembangan pada Balita dari Bulan ke Bulan

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on




Perkembangan dan pertumbuhan balita bisa berlangsung sangat cepat. Dimulai dari janin di dalam rahim ibu kemudian lahir menjadi bayi yang sama sekali belum bisa apa-apa. Sampai perkembangan balita yang mulai belajar banyak hal. Tumbuh kembang balita memang sangat menakjubkan. Kadang hanya butuh waktu beberapa bulan untuk setiap perkembangan yang baru dan sangat menarik. Banyak orang tua tentunya bertanya-tanya mengenai tahapan perkembangan balitanya berikutnya. Apakah perkembangan balita sudah sesuai target. Tetapi tidak perlu terlalu khawatir terhadap perkembangan balita Anda karena setiap anak berbeda dan tidak ada yang benar-benar sama persis pertumbuhannya.

Perkembangan balita ada yang sudah bisa mengucapkan kata pertama kali saat berusia 8 bulan. Tetapi ada pula yang baru bisa berbicara ketika sudah berusia 1 tahun. Lalu untuk melangkah sangat bervariasi. Ada yang memulai di usia 9 bulan sampai 1 tahun setengah. Perkembangan balita ditinjau dari kemampuan motorik kasar, bahasa, sosial, dan juga motorik halusnya memiliki beberapa fase. Tidak semua balita punya keahlian yang sama saat mencapai usia yang sama. Normal-normal saja ketika balita Anda belum mencapai fase tertentu di bulan tertentu. Sebab proses perkembangan balita bukan batas waktu.

Contohnya perkembangan bayi berusia 1 bulan. Ketika dia tengkurap dia mulai menggerakkan kepala dari sisi ke sisi. Tangannya sudah mencengkram dengan kuat. Suka menatap tangan dan jari-jari. Mengikuti gerakan benda atau orang di sekitarnya dengan mata. Untuk bayi berusia 2 bulan sendiri sudah mulai bisa menahan kepala dan lehernya sebentar ketika berada di posisi telungkup. Tangannya sudah bisa membuka dan menutup, kemudian memukul tanpa arah. Dia akan bermain dengan jari-jarinya. Memberikan respon dalam bentuk tangisan jika lapar atau ingin digendong. Kontak mata mulai terjadi dan bayi mulai tersenyum dengan responsif.

Selanjutnya pada bayi yang berusia 3 bulan. Bayi sudah bisa meraih dan mengambil objek. Kepalanya akan tegak ketika digendong. Lalu mulai merasakan beban pada kakinya. Tangan bisa menggenggam objek. Mengisap ibu jari dan juga meninju. Bayi juga bisa bergumam dan memekik. Ketika kita menjulurkan lidah dia juga bisa menirunya dan bayi bisa tertawa.

Bayi berumur 4 bulan sudah bisa mendorong badan ke atas dengan tangan di posisi telungkup. Duduknya bertumpu pada lengan. Bayi juga mulai mengambil objek dan menggenggam seakan-akan sedang menggunakan sarung tangan. Dia juga bisa tertawa dengan keras. Pengamatannya juga akurat. Bayi sudah bisa menikmati saat bermain dan bisa jadi akan menangis saat dihentikan. Dia juga mengangkat lengannya sebagai tanda dia ingin digendong.

Diusia 5 bulan bayi mulai bisa berguling ke satu sisi badannya. Dia juga mulai belajar memindahkan objek dari tangan yang satu ke tangan yang lain. Menyemburkan busa dari mulutnya. Apabila ditinggal orang tuanya dia akan menangis. Lalu diusia 6 bulan bayi sudah bisa berguling ke sisi kiri dan kanan. Dia akan menggunakan tangannya untuk menyambar objek yang kecil. Saat usia 6 bulan ini bayi juga mulai berceloteh, mengenali wajah orang di sekitarnya.

Nanti ketika usianya 7 bulan, bayi mulai bergerak merangkak. Menggunakan ibu jari dan jari tangannya yang lain. Celotehannya juga lebih kompleks. Bayi juga sudah bisa merespon ekspresi emosi orang lain. Bertambah menjadi 8 bulan usianya bayi sudah bisa duduk tanpa bantuan orang lain. Dia juga akan bertepuk tangan. Memberikan respon kata-kata yang sudah sering dia dengar dan menoleh saat dipanggil. Bayi juga bisa diajak bermain permainan yang interaktif contohnya cilukba.

Ketika usianya 9 bulan bayi mungkin merangkak naik ke atas tangga. Dia juga menguasai genggaman cubit. Mempelajari tentang keberadaan objek bahkan untuk sesuatu yang tak dapat dia lihat. Diusia 9 bulan ini mereka juga takut dengan orang asing. Lalu diusia 10 bulan dia akan menarik diri untuk berdiri. Sudah bisa menyusun dan mengurutkan mainan. Bayi juga bisa melambaikan tangan bye-bye dan mengangkat tangan saat ingin mengatakan 'naik'. Bayi juga belajar memahami sebab dan akibat.

Diusia 11 bulan bayi bisa menjelajah dengan menggunakan perabotan. Bayi membalik halaman saat dibacakan buku. Bayi bisa memanggil mama papa dengan 'mama' atau 'dada'. Bertambah menjadi usia 12 bulan bayi berdiri tanpa bantuan dan mungkin bisa memulai langkah pertamanya. Saat dipakaikan baju juga mulai bisa membantu memasukkan tangannya ke lengan baju. Mengucapkan 2 sampai 3 kata. Bayi juga bermainan permainan meniru.

Jika ada pertumbuhan yang tidak sesuai dengan yang seharusnya atau rasanya ada sesuatu yang salah sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter anak. Tetapi yang harus diingat adalah bukan masalah ketepatan waktu di dalam fase perkembangan bayi melainkan ada kemajuan dalam proses perkembangan balita Anda.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers