28 Desember 2015

Mewaspadai Penyakit yang Sering Timbul di Musim Hujan


Musim hujan sudah tiba. Cuaca yang mulai dingin mungkin membuat Anda jadi kurang bersemangat ketika beraktivitas. Namun, tubuh harus senantiasa bugar di musim hujan supaya produktivitas Anda tetap terjaga.

Demi menjaga kebugaran tubuh, Anda harus menjalani pola hidup sehat dan segera berkonsultasi dengan dokter ketika mengalami gejala gangguan kesehatan. Tanya jawab kesehatan atau konsultasi dengan ahli kesehatan akan membantu Anda menjaga kualitas kesehatan supaya terhindar dari penyakit di musim hujan. Ada beberapa penyakit yang sering timbul di musim hujan sehingga membuat Anda harus ekstra waspada. Apa sajakah jenis penyakit tersebut?

Demam Berdarah
Nyamuk semakin aktif berkeliaran di musim hujan, terutama jika ada genangan air yang bisa menjadi tempat bertelur. Lebih bahaya lagi bila Anda digigit nyamuk Aedes aegypti pembawa demam berdarah. Sebab, penyakit demam berdarah yang tidak ditangani secara intensif bisa menimbulkan risiko kesehatan yang membahayakan jiwa. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan semua tempat yang tergenang air serta menutup tempat penampungan air dengan rapat. Gunakan krim kulit anti nyamuk untuk meminimalkan gigitan nyamuk pembawa virus demam berdarah.

Leptospirosis
Penyakit yang satu ini disebabkan oleh air kencing tikus yang mengandung bakteri Leptospira sp. Selain terdapat di air kencing tikus, bakteri tersebut juga mudah berkembangbiak di lingkungan yang kotor dan lembap. Gejala penyakit leptospirosis menyerupai gejala flu, yaitu sakit kepala, batuk, nyeri betis, dan sakit tenggorokan. Jika penyakit sudah semakin parah, penderitanya bahkan bisa mengalami perdarahan dan komplikasi sakit pada organ paru-paru ginjal, dan hati.

Diare
Mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang higienis bisa menyebabkan diare. Biasanya, kasus diare meningkat di musim hujan karena udara yang lembap membuat bakteri lebih mudah berkembang biak. Penderita diare harus ditangani sesegera mungkin supaya tidak kehilangan banyak cairan tubuh dan tetap memperoleh asupan energi.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)
ISPA bisa disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari infeksi virus hingga bakteri. Gejala penyakit ini menyerupai penyakit sesak napas biasa dengan ciri-ciri nafas yang terasa berat, rasa sakit di dada serta demam dan batuk. Cara mencegah ISPA sebenarnya sangat mudah, yaitu tidak berada di lingkungan yang udaranya lembap dan tidak melakukan kontak langsung dengan orang yang terjangkit ISPA.
Ketika tubuh Anda mulai terasa kurang fit di musim hujan, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Pastikan tubuh Anda selalu sehat dan bersemangat di segala kondisi, termasuk saat musim hujan tiba.



 

1 komentar:

  1. Bagus mbak artikelnya, saya orang baru didunia blogger, mohon sarannya maap komen

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers