3 Desember 2015

Membuat Taman di Kamar


Banyak sekali yang sebenarnya ingin saya lakukan setiap harinya. Namun kemudian semuanya terbentur masalah waktu dan ada yang harus menjadi prioritas utama. Seperti yang suami saya bilang, jangan semuanya ingin ditangkap. Iya saya punya keterbatasan dan kalau terlalu memaksakan untuk melakukan banyak hal sekaligus setiap harinya pasti akan kelelahan sekali. Tapi membuat taman di kamar dengan cara yang mudah banyak sekali saya temukan di internet. Nggak perlu pakai tanah juga bisa karena sekarang ini sudah banyak yang mengembangkan teknik menanam tanpa tanah. Apalagi jika menanamnya di dalam ruangan yang cahaya matahari pun terbatas.

Bahan yang diperlukan paling air, wadah, tanaman, dan hidrogel yang bisa membuat penampilan wadah yang kita gunakan menjadi lebih cantik dan tanamannya menjadi punya tempat untuk bersandar. Jadi nggak hanya bahu kok yang bisa dijadikan tempat bersandar, hidrogel juga bisa. Hahahaha...

Ilmu apa pun bisa kita dapatkan melalui internet nggak susah kayak dulu ya musti baca-baca dulu dari buku. Mau ilmu apa aja tinggal klik aja di Youtube, banyak sekali tutorial yang menunjukkan pada kita betapa mudahnya membuat sesuatu. Apalagi kalau banyak kuota. Bisa nonton banyak video tutorial dan cari yang paling mudah lalu praktikkan di rumah. Apalagi mertua saya suka sekali menanam sesuatu. Mengajaknya menonton video tutorial akan menjadi hal yang menyenangkan buat dia. Walaupun sudah tua pengetahuan tetep harus diupgrade bukan?

Beberapa waktu lalu saya nonton video orang yang menanam bawang bombay menggunakan gelas dan ditarohnya di kamar. Lucu deh tumbuh daun bawang yang panjang banget. Banyak sekali ternyata tanaman yang bisa ditanam dengan metode seperti itu. Belum lagi mertua saya kan punya warung di depan rumah. Dagangannya juga banyak sayuran. Cocok banget ilmu ini diterapkan di warungnya. Apalagi kalau ada sayuran yang bisa ditanam kembali menggunakan batang bawahnya. Kayak kangkung atau sawi.

Dari semua video yang saya tonton itu, saya selalu terkesan dengan laki-laki tua yang menanam tanaman di dalam toples kaca besar yang ditutup rapat dan dibiarkannya begitu saja selama puluhan tahun. Hanya pernah dibukanya sekali untuk disiram selanjutnya tidak pernah dirawat lagi. Ajaibnya tanaman tersebut membentuk ekosistem sendiri di dalam toples kaca tersebut.

Pengen tanaman yang kayak gitu tapi nggak tahu beli toples kacanya di mana... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers