Langsung ke konten utama

Kegiatan yang Cocok Bagi Ibu Hamil Muda


 

Hamil muda memang masa-masa yang sangat penuh risiko. Berbagai hal yang masuk ke tubuh harus diperhatikan begitu juga dengan kegiatan yang boleh dilakukan dan harus dihindari seorang ibu yang sedang hamil muda. Bingung apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan oleh seorang ibu hamil muda? Keluarga biasanya punya peranan penting untuk memberikan saran kepada seorang ibu yang sedang hamil muda supaya dia tidak salah melakukan aktivitas yang bisa berakibat buruk pada janin di dalam kandungannya.

Tahu nggak alasan yang membuat seorang ibu hamil muda kesulitan dalam melakukan aktivitas? Ini dia alasannya!
  1. Gangguan Sembelit
    Jangan ditanya deh bagaimana menyiksanya sembelit ini bagi seorang ibu hamil muda. Belum lagi jika mengalami morning sickness dan gangguan saat kehamilan lainnya. Saat hamil terjadi relaksasi usus yang disebabkan oleh hormon progesteron. Daya dorong usus pada sisa makanan yang harus dikeluarkan menjadi berkurang. Terjadilah sembelit yang membuat menumpuknya sisa makanan di dalam usus. Kebayang nggak kalau setiap hari tumpukan tersebut terus bertambah?
  2. Ulu Hati Nyeri
    Gas karbondioksida yang tidak secara alami pengeluarannya menyebabkan nyeri di bagian ulu hati. Supaya proses pembuangan gas tersebut menjadi lancar sebaiknya ibu hamil sering berjemur di pagi hari. Sinar matahari pagi sangat baik untuk memperlancar pembuangan tersebut.
  3. Gatal
    Gatal-gatal bisa disebabkan oleh alergi yang muncul karena makan makanan tertentu atau karena kulit ibu hamil sangat sensitif. Perbanyaklah makanan buah-buahan yang sesuai dengan ibu hamil.
  4. Kram
    Kaki dan tangan kaku biasanya sering terjadi saat kehamilan sudah memasuki masa-masa akhir. Bagian tubuh tersebut menyimpan cairan dan membuat pembengkakan. Sehingga syaraf menjadi tertekan. Biasanya karena ibu hamil kurang gerak dan menyebabkan sirkulasi darah menjadi tak lancar. Belum lagi kekurangan kalsium, hormon kehamilan, tekanan rahim pada otot, dan kelelahan.
  5. Pegal
    Jika ibu hamil kekurangan kalsium bisa membuat tubuh pegal sepanjang kehamilan. Selain itu menjadi mudah lelah karena otot tubuh menjadi kendur. Sebab ibu hamil membawa beban yang cukup besar di tubuhnya selama hamil.
  6. Buang Air Kecil
    Keluhan ini memang paling sering dialami ibu hamil. Cuaca yang dingin atau ibu hamil yang banyak minum air putih. Hasilnya, ginjal pun menjadi lebih banyak memproduksi urine. Letak kandung kemih juga bersebelahan dengan rahim sehingga kapasitas penyimpanannya menjadi lebih kecil.
  7. Mual dan Muntah
    Beruntunglah jika tak mengalaminya namun 70% ibu hamil akan merasa mual, muntah, pusing, pegal, sampai meriang. Ini adalah gejala normal yang muncul di trimester pertama. Disebut pula dengan morning sickness. Ini bisa terjadi karena perkembangan plasenta dan munculnya hormon HCG yang membuat ibu hamil muntah-muntah. Semakin tinggi hormon ini semakin cepat pula rangsangan muntah ibu hamil.
  8. Sakit Kepala
    Hormon kehamilan bisa menyebabkan sakit kepala. Dinding pembuluh darah menjadi lebar disebabkan oleh hormon progesteron sehingga penurunan tekanan darah yang bisa membuat ibu hamil sakit kepala.

Buat yang sekarang sedang hamil muda, ada kegiatan yang aman dilakukan ya. Sebelumnya harus tahu kalau wanita hamil harus sangat berhati-hati dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Banyak yang memutuskan berhenti berolah-raga karena khawatir akan mengancam kehamilannya. Tapi terlalu banyak tidur dan makan juga berbahaya, ini malah akan membuat ibu hamil menderita diabetes atau gestational. Sehingga wajib bagi ibu hamil untuk meluangkan waktu dan berolahraga ringan. Ibu hamil yang bugar akan kuat selama proses melahirkan.

Ini dia jenis kegiatan yang bisa dilakukan saat hamil muda.
  1. Jalan santai
  2. Berenang
  3. Yoga
  4. Olahraga statis
  5. Relaksasi
  6. Belanja
  7. Beres-beres di rumah
  8. Membaca

Selamat menikmati masa hamilnya ya teman-teman!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

4 Kerugian Bisnis di Oriflame

Banyak sekali kerugian yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai sebuah bisnis, terutama Oriflame. Selama ini banyak dari kita yang memikirkan keuntungan dari bisnis Oriflame tanpa tahu bahwa banyak sekali kerugian tersembunyi yang bisa kita alami saat memulai bisnis di Oriflame. Oriflame memang banyak sekali yang telah membuat orang lain sukses secara finansial. Saya sendiri juga merasakan keuntungan dari bisnis Oriflame ini, sebab setiap bulannya saya selalu mendapatkan keuntungan berupa bonus yang ditransfer ke rekening saya. Sehingga saya dapat mengatakan bahwa karier saya sekarang di Oriflame, itu sebabnya saya akan lebih banyak menuliskan tentang bisnis Oriflame di blog ini dibandingkan menulis review untuk brand lain. Oriflame membayar saya lebih banyak dibandingkan brand mana pun. Dibayar bukan karena memuji ya tapi karena saya jualan produknya. Hahahaha... Sudah tahu kerugian apa yang kita dapatkan saat memulai bisnis di Oriflame? Berikut saya jabarkan satu perrs