8 Desember 2015

Agar Janin Sehat, Ibu Hamil Harus Konsumsi Makanan Ini



Awal kehamilan adalah masa yang sangat penting untuk dijaga karena janin sangat rentan terhadap banyak hal. Beruntung jika teman-teman masa awal kehamilannya kayak saya. Entah mengapa saya waktu itu seakan nggak bisa nolak beragam sayuran dan buah-buahan. Saya sangat banyak sekali makan, banyaaaaakkk. Ada banyak sekali orang yang berbagi saran mengenai makanan apa yang harus saya makan. Walaupun pada akhirnya saya tetap aja kroscek ke Mbah Google. Banyak kok yang berbagi mengenai makanan ibu hamil di blognya, kayak saya sekarang ini.

Mau tahu makanan ibu hamil apa yang harus teman-teman catet? Nah buat teman-teman yang baru pertama kali hamil dan butuh informasi supaya janinnya sehat sampai lahiran nanti. Memilih makanan bagi ibu hamil di awal kehamilan harus tepat dan yang sesuai. Ini sangat penting supaya bisa mendukung perkembangan janin kedepannya. Makanan juga penting sekali buat ibu hamil yang mudah terkena morning sickness dan juga bisa mencegah rasa lelah yang berlebihan. Memang awal kehamilan rata-rata ibu hamil akan mudah sekali kelelahan. Makanan juga membantu terhindarnya hal yang tak diinginkan. Contohnya cacat ketika lahir sampai hal yang paling buruk yaitu keguguran.

Nggak jarang ya saat kita hamil orang di sekitar kita akan memberikan larangan makanan ini itu. Memang sih usia trimester pertama sangat rentan dan risiko mengalami gangguan kesehatan cukup tinggi. Kebanyakan keguguran terjadi saat usia kehamilan masih muda dan penyebabnya adalah makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ada makanan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil bahkan sampai tidak boleh sama sekali. Ini dia jenis makanan yang disarankan buat ibu hamil di trimester pertama.
  1. Sayuran
    Mual dan muntah adalah hal yang sangat wajar dialami oleh ibu hamil saat trimester pertama. Disebut morning sickness dan gejala ini bisa dikurangi dengan banyak makan sayuran hijau lho teman-teman. Pantas saja saat saya ditanya apakah mengalami morning sickness atau tidak, jawaban saya tidak. Saya waktu itu merasa sangat beruntung. Padahal penyebabnya adalah sayuran yang saya makan setiap hari. Saya suka sekali sayuran hijau waktu itu. Bahkan daun singkil yang pahit aja saya lahap sampai habis. Zat besi yang ada di dalam sayuran selain dapat menghilangkan rasa mual juga dapat membantu tubuh memproduksi hemoglobin. Sehingga anemia yang sering dialami ibu hamil bisa dihindari.
    Nutrisi penting untuk janin juga ada di dalam sayuran hijau. Satu di antaranya adalah asam folat. Zat ini penting sekali untuk pembelahan dan juga pertumbuhan sel. Jadi bisa mencegah kecacatan pada janin. Sayuran hijau yang banyak mengandung asam folatnya adalah bayam, brokoli, sawi, dan asparagus.
  2. Buah
    Banyak sekali jenis buah yang cocok dijadikan makanan ibu hamil, terutama yang baru hamil 1 bulan. Usahakan yang dikonsumsi adalah buah segar bukan yang kalengan. Nutrisi penting di dalam buah-buahan sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan seratnya akan mengatasi sembelit yang terjadi saat hamil. Buah yang bisa dikonsumsi adalah buah apel, jeruk, alpukat, anggur, pisang, kurma, tomat, dan masih banyak lagi jenis lainnya. Buah yang dilarang adalah buah durian, pepaya muda, nanas, dan delima.
  3. Produk Olahan Susu
    Jangan malas minum susu ya selama hamil. Pertumbuhan sel butuh banyak protein termasuk juga janin yang pertumbuhannya sangat pesat sehingga ibu hamil butuh banyak asupan protein. Jadi usahakan untuk banyak minum susu supaya kebutuhan protein tercukupi.
  4. Makanan Laut
    Makanan laut juga sangat baik dijadikan pilihan makanan bagi ibu hamil trimester pertama. Makanan laut mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak janin. Makanlah ikan dan udang supaya otak janin kita nantinya cerdas.
  5. Sereal
    Sereal sebaiknya dikonsumsi setiap hari selama hamil muda. Sereal yang baik adalah yang jenis whole grain. Namun bisa juga diganti dengan roti gandum yang berasal dari jenis whole grain. Konsumsi nasi bisa dikurangi jika ibu hamil sudah menggantinya dengan sereal.
  6. Kacang
    Kehamilan tidak begitu menyulitkan saya sih sebenarnya di trimester pertama. Karena saya mengonsumsi banyak sekali makanan yang membuat saya tetap kuat dan tidak mual apalagi sampai tak selera makan. Satu di antara makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil ya favorit saya ini. Kacang! Walaupun tidak semua jenis kacang baik buat ibu hamil di trimester pertama. Namun beberapa jenis kacang tetap disarankan buat ibu hamil karena mengandung protein dan bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Ibu hamil bisa meningkat energinya dengan makan lebih banyak kacang. Kacang yang disarankan bagi ibu hamil adalah kacang kedelai, kacang merah atau kacang hijau yang banyak mengandung asam folat dan vitamin B.
  7. Air Kelapa
    Nggak tahu berapa banyak air kelapa yang saya minum selama kehamilan. Tapi yang jelas banyak banget. Ternyata bermanfaat lho bagi ibu hamil. Bisa memulihkan stamina apalagi ibu hamil butuh asupan air lebih banyak dibandingkan yang tidak hamil.

Gimana? Sudah cukup banyak kan daftar makanan yang sebaiknya teman-teman konsumsi selama kehamilan. Semoga bermanfaat ya!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers