Langsung ke konten utama

6 Cara Jaga Kesehatan Balita

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on


Apabila fisik prima serta memiliki daya tahan tubuh yang maksimal akan membuat penyakit enggan menghampiri balita dan perkembangan balita juga menjadi lebih optimal. Supaya anak tak mudah sakit caranya mudah sebenarnya. Mau tahu 6 langkah menjaga kesehatan balita Anda?

  1. Jangan mengabaikan makan
    Balita idealnya mendapatkan asupan zat gizi yang seimbang supaya memiliki daya tahan tubuh yang cukup ketika menghadapi penyakit. Ini bisa didapatkan jika makanan yang dikonsumsi mengandung, zat tenaga yaitu karbohidrat dan lemak, zat pembangun yaitu protein, dan juga zat pengatur yaitu vitamin dan mineral. Komposisinya sebaiknya 50%-70% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 10%-15% protein. Memang banyak balita yang suka pilih-pilih makanan. Tapi itu bisa disiasati kok. Kita bisa memasukkan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya dimakanan favoritnya. Misalnya balita Anda cuma suka dengan mie. Kita bisa memasukkan sayuran, daging ayam, timun dan makanan lainnya ke dalam mie yang dia suka. Makanan tersebut bisa dibentuk menarik menyerupai wajah manusia. Selalu buat balita seolah-olah sedang mengonsumsi makanan favoritnya.

  1. Minum
    Disamping makanan, jangan melupakan cairan yang dibutuhkan balita. Sumber cairan yang penting bisa dari susu atau buah-buahan dan jug air putih. Pilihan susu disesuaikan dengan usia balita. Lalu untuk menghindari balita keburu kenyang sebelum makan, berikan susu setelah dia makan. Sebagai selingan bisa diberikan air putih juga setelah makan. Begitu juga dengan jus. Dapat diberikan sebagai snack pada pagi dan sore.
  2. Bersih
    Kebersihan harus dijaga supaya fisik balita tetap prima. Sebab fisik yang kuat bukan hanya datang dari makanan tetapi dari lingkungan balita yang bersih. Berikan contoh yang baik pada balita misalnya mandi dua kali sehari. Balita juga dibiasakan untuk menyabuni seluruh tubuhnya. Termasuk lipatan tubuh yang tersembunyi. Habis mandi langsung keringkan tubuhnya. Ajari balita untuk menggosok gigi. Berikan pasta gigi jika balita Anda sudah bisa berkumur. Supaya dia mau menyikat gigi, ajaklah dia untuk menyikat gigi bersama sebab dia akan meniru tingkah orang tuanya. Selain itu ajari balita untuk mencuci tangan dengan sabun tiap akan makan, habis makan, habis main di luar dan habis buang air. Biasakan balita Anda untuk mencuci kakinya tiap akan naik ke tempat tidur, habis main, dan habis bepergian.
  3. Ayo bergerak!
    Jangan pusing melihat balita yang aktif sekali bergerak. Paling penting pengawasan orang tua supaya tidak terjadi hal yang membahayakan pada balita Anda. Sebaiknya anak bergerak minimal 1 jam setiap hari. Namun jangan sampai lebih dari 2 jam sehari. Balita yang aktif akan mendapatkan aliran darahnya menjadi lancar, daya tahan tubuhnya juga lebih baik, mengurangi risko obesitas, metabolisme jadi lebih baik.
  4. Istirahat
    Jika balita punya gangguan tidur, dikhawatirkan proses pengeluaran hormon ditubuhnya menjadi terganggu. Hal ini bisa membuat timbulnya gangguan pertumbuhan. Misalnya gangguan pembentukan sistem kekebalan tubuh, proses belajar dan juga daya ingatnya. Biaakan balita tidur siang sekitar 1-2 jam sehari. Misalnya tidur setelah jam makan siang. Total balita membutuhkan 12-14 jam waktu tidur dalam sehari.
  5. Imunisasi ulangan
    Ingat sudah waktunya untuk melengkapi imunisasi balita ketika dia ulang tahun pertama. Imunisasi yang dibutuhkan seperti imunisasi influenza, campak, gondongan, rubella dan cacar air. Saat balita berusia 15-18 bulan, wajib imunisasi polio dan DPT. Lalu ada imunisasi yang dianjurkan yaitu Hib dan Pneumokokus (PVC). Saat usianya 2 tahun balita bisa diberikan imunisasi Thyphus dan Hepatitis A. tujuannya agar kekebalan tubuh balita terbentuk sejak dini.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Menulis 500 Kata

Sekarang sepertinya harus bekerja lebih keras lagi. Saya banyak sekali menulis artikel yang terlampau pendek. Bahkan banyak sekali postingan yang hanya berisikan gambar. Kalau hanya seperti itu saya yakin banyak orang yang akan bisa membuat postingan jauh lebih banyak dari yang saya bisa lakukan. Jadi sekarang sepertinya saya harus mengubah tantangannya menjadi lebih menarik. Saya harus menulis setidaknya 500 kata untuk setiap artikel yang saya buat. Supaya lebih terasa menantang dan saya tak hanya sambil lalu lagi mengupdate blognya. Sebab akhir-akhir ini ketika menyelesaikan jumlah postingan saya akhirnya suka mengambil beberapa gambar yang sudah saya unggah di instagram dan memasukkannya ke blog menjadikannya satu postingan. Padahal hanya diikuti satu dua kata saja. Bahkan pernah tak ada tulisan apa-apa. Memang menulis 10 postingan sehari bukanlah hal yang mudah untuk membagi waktu dengan persiapan pernikahan. Tapi tantangan memang harus dibuat seberat mungkin bukan? Bukan