Langsung ke konten utama

Perkembangan Balita Usia 2 Tahun



Saya sering sekali mendengar istilah double-trouble saking krusialnya usia 2 tahun ini. Sebab di usia 2 tahun perkembangan balita sangat cepat dan bisa menyerap bermacam-macam informasi dengan sangat tanggap. Belum lagi rasa ingin tahu mereka terhadap benda di sekitarnya. Mereka akan banyak sekali bertanya hanya dengan melihat sebuah benda tanpa perlu menyentuhnya. Beda dengan usia beberapa bulan, anak akan belajar mengenali sesuatu dengan menyentuhnya bahkan memasukkannya ke mulut.

Pada perkembangan balita yang ada di usia 2 tahun juga mulai dapat memberikan gambaran suatu kejadian atau memberikan imajinasi tanpa perlu mengalaminya. Contohnya saat sebuah roda diberikan dorongan akan menggelinding. Dia dapat membayangkannya tanpa perlu melakukannya. Fenomena seperti ini dapat terjadi karena anak usia 2 tahun bisa membuat simbol tersendiri untuk benda.

Raza memang belum dua tahun. Tapi penting sekali buat saya tahu tentang perkembangan usia 2 tahun ini. Sebab dulu saya sering baca tentang usia double-trouble ini. Jika tidak ditangani dengan baik akan berimbas pada perkembangan balita ke depannya.

Perkembangan balita usia 2 tahun. Ini adalah masa dia ingin melakukan banyak hal dengan meneliti dan tahu tentang banyak benda yang ada di sekitar. Sebaiknya anak usia 2 tahun selalu didampingi sebab rasa ingin tahu balita usia 2 tahun yang sangat besar dikhawatirkan malah membahayakan dirinya. Sebab usia 1-2 tahun otak anak akan berkembang dengan sangat pesat.

Di usia tersebut koteks cerebri seorang balita yang sehat akan membentuk 2 juta sinapsis. Sel otak seorang anak akan bertambah banyak dari 50 trilyun sampai menjadi 1.000 mulai usianya 8 bulan. Otak anak juga akan terus tumbuh dan menjadi lebih berat seiring berjalannya waktu. Penting sekali bagi kita memperhatikan asupan nutrisi yang dia butuhkan dan tentunya lingkungan harus memberikan dukungan bagi pertumbuhan dan perkembangan otaknya supaya bisa berjalan dengan baik.

Raza sekarang belum dua tahun sehingga kemampuan yang lebih berkembang dari dirinya adalah kemampuan gerak motoriknya. Dimulai dari bagian kepalanya menuju ke kaki. Kalau saya memperhatikan anak sulung saya tersebut saya melihat banyak sekali perubahannya. Tadinya hanya bisa mengangkat kepalanya, sekarang sudah mulai tengkurap dan balik lagi telentang. Tak sabar menunggu dia bisa duduk, lalu merangkak, baru berdiri, berjalan sampai akhirnya suatu hari nanti dia berlari. Mengejar saya. Sedangkan pada usia 2 tahun sendiri seorang anak mulai punya kemampuan membentuk ingatan bawah sadarnya dan ingatan sadar yang memiliki keterkaitan dengan perkembangan bahasanya.

Nantinya kita akan menyadari bahwa perkembangan balita kita sangat pesat di usia 2 tahun adalah saat dia mulai bisa meniru atau mengikuti tingkah kita, orang dewasa yang ada di sekitarnya. Dia juga akan lebih mudah memahami kata dan intruksi yang diucapkan orang lain dengan baik. Bahkan mereka akan mulai bereksperimen dengan benda di sekitarnya. Anak usia 2 tahun juga mulai memahami tentang kepemilikan barang. Dia tahu barang miliknya dan bukan. Dia juga mengenali objek gambar dan tahu nama benda tersebut. Penguasaan kata anak usia 2 tahun adalah sekitar 200 kata jumlahnya.

Pada usia 2 tahun dia juga mulai dapat makan sendiri dan tahu cara memasukkan makanan dari tangannya ke mulutnya sendiri. Dia dapat diuji untuk menyelesaikan tugas atau masalah sederhana.

Nanti saat anak kita memegang pensil, krayon, atau pulpen, jangan pernah melarangnya. Dampingi anak kita supaya dia dapat belajar menggunakannya. Perkembangan balita di usia ini adalah membuat coret-coretan dengan alat tulis. Selama ini mungkin kita menunggu dia memberikan respon. Coba bacakan dia cerita atau dongeng, dia akan memberikan respon lho atau bisa juga dengan mengajaknya menyanyikan lagu sederhana.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

4 Kerugian Bisnis di Oriflame

Banyak sekali kerugian yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai sebuah bisnis, terutama Oriflame. Selama ini banyak dari kita yang memikirkan keuntungan dari bisnis Oriflame tanpa tahu bahwa banyak sekali kerugian tersembunyi yang bisa kita alami saat memulai bisnis di Oriflame. Oriflame memang banyak sekali yang telah membuat orang lain sukses secara finansial. Saya sendiri juga merasakan keuntungan dari bisnis Oriflame ini, sebab setiap bulannya saya selalu mendapatkan keuntungan berupa bonus yang ditransfer ke rekening saya. Sehingga saya dapat mengatakan bahwa karier saya sekarang di Oriflame, itu sebabnya saya akan lebih banyak menuliskan tentang bisnis Oriflame di blog ini dibandingkan menulis review untuk brand lain. Oriflame membayar saya lebih banyak dibandingkan brand mana pun. Dibayar bukan karena memuji ya tapi karena saya jualan produknya. Hahahaha... Sudah tahu kerugian apa yang kita dapatkan saat memulai bisnis di Oriflame? Berikut saya jabarkan satu perrs