17 November 2015

Perkembangan Balita Usia 2 Tahun



Saya sering sekali mendengar istilah double-trouble saking krusialnya usia 2 tahun ini. Sebab di usia 2 tahun perkembangan balita sangat cepat dan bisa menyerap bermacam-macam informasi dengan sangat tanggap. Belum lagi rasa ingin tahu mereka terhadap benda di sekitarnya. Mereka akan banyak sekali bertanya hanya dengan melihat sebuah benda tanpa perlu menyentuhnya. Beda dengan usia beberapa bulan, anak akan belajar mengenali sesuatu dengan menyentuhnya bahkan memasukkannya ke mulut.

Pada perkembangan balita yang ada di usia 2 tahun juga mulai dapat memberikan gambaran suatu kejadian atau memberikan imajinasi tanpa perlu mengalaminya. Contohnya saat sebuah roda diberikan dorongan akan menggelinding. Dia dapat membayangkannya tanpa perlu melakukannya. Fenomena seperti ini dapat terjadi karena anak usia 2 tahun bisa membuat simbol tersendiri untuk benda.

Raza memang belum dua tahun. Tapi penting sekali buat saya tahu tentang perkembangan usia 2 tahun ini. Sebab dulu saya sering baca tentang usia double-trouble ini. Jika tidak ditangani dengan baik akan berimbas pada perkembangan balita ke depannya.

Perkembangan balita usia 2 tahun. Ini adalah masa dia ingin melakukan banyak hal dengan meneliti dan tahu tentang banyak benda yang ada di sekitar. Sebaiknya anak usia 2 tahun selalu didampingi sebab rasa ingin tahu balita usia 2 tahun yang sangat besar dikhawatirkan malah membahayakan dirinya. Sebab usia 1-2 tahun otak anak akan berkembang dengan sangat pesat.

Di usia tersebut koteks cerebri seorang balita yang sehat akan membentuk 2 juta sinapsis. Sel otak seorang anak akan bertambah banyak dari 50 trilyun sampai menjadi 1.000 mulai usianya 8 bulan. Otak anak juga akan terus tumbuh dan menjadi lebih berat seiring berjalannya waktu. Penting sekali bagi kita memperhatikan asupan nutrisi yang dia butuhkan dan tentunya lingkungan harus memberikan dukungan bagi pertumbuhan dan perkembangan otaknya supaya bisa berjalan dengan baik.

Raza sekarang belum dua tahun sehingga kemampuan yang lebih berkembang dari dirinya adalah kemampuan gerak motoriknya. Dimulai dari bagian kepalanya menuju ke kaki. Kalau saya memperhatikan anak sulung saya tersebut saya melihat banyak sekali perubahannya. Tadinya hanya bisa mengangkat kepalanya, sekarang sudah mulai tengkurap dan balik lagi telentang. Tak sabar menunggu dia bisa duduk, lalu merangkak, baru berdiri, berjalan sampai akhirnya suatu hari nanti dia berlari. Mengejar saya. Sedangkan pada usia 2 tahun sendiri seorang anak mulai punya kemampuan membentuk ingatan bawah sadarnya dan ingatan sadar yang memiliki keterkaitan dengan perkembangan bahasanya.

Nantinya kita akan menyadari bahwa perkembangan balita kita sangat pesat di usia 2 tahun adalah saat dia mulai bisa meniru atau mengikuti tingkah kita, orang dewasa yang ada di sekitarnya. Dia juga akan lebih mudah memahami kata dan intruksi yang diucapkan orang lain dengan baik. Bahkan mereka akan mulai bereksperimen dengan benda di sekitarnya. Anak usia 2 tahun juga mulai memahami tentang kepemilikan barang. Dia tahu barang miliknya dan bukan. Dia juga mengenali objek gambar dan tahu nama benda tersebut. Penguasaan kata anak usia 2 tahun adalah sekitar 200 kata jumlahnya.

Pada usia 2 tahun dia juga mulai dapat makan sendiri dan tahu cara memasukkan makanan dari tangannya ke mulutnya sendiri. Dia dapat diuji untuk menyelesaikan tugas atau masalah sederhana.

Nanti saat anak kita memegang pensil, krayon, atau pulpen, jangan pernah melarangnya. Dampingi anak kita supaya dia dapat belajar menggunakannya. Perkembangan balita di usia ini adalah membuat coret-coretan dengan alat tulis. Selama ini mungkin kita menunggu dia memberikan respon. Coba bacakan dia cerita atau dongeng, dia akan memberikan respon lho atau bisa juga dengan mengajaknya menyanyikan lagu sederhana.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers