24 November 2015

Peran Semangka Bagi Kesehatan Ibu Hamil




Kesehatan ibu hamil adalah sesuatu yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebab di dalam kandungannya sedang ada janin yang sedang berkembang dan butuh banyak sekali nutrisi. Satu di antara banyak buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil adalah semangka. Jadi sebaiknya teman-teman yang sekarang sedang hamil selalu punya persediaan buah ini di kulkas ya! Walaupun banyak sekali orang yang melarang ibu hamil mengonsumsi buah ini. Jadi semangka ini masuk dalam buah-buahan yang pantang bagi ibu hamil.

Sayang sekali jika teman-teman tidak tahu manfaat penting buah semangka bagi kesehatan ibu yang sedang hamil dan juga untuk janin di dalam kandungannya. Sebab buah semangka punya kandungan nutrisi baik. Contohnya zat besi, vitamin, mineral, dan masih banyak lagi. Buah semangka sangat menyehatkan dan penuh gizi. Apalagi buah ini bisa memenuhi kebutuhan energi dan juga menambah cairan tubuh pada ibu hamil. Sebab saat hamil, kita sangat membutuhkan cairan yang lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan biasanya.

Kita butuh vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium yang dapat kita temukan di buah semangka. Di samping itu buah semangka juga punya serat yang baik sekali jika dikonsumsi saat hamil. Tahu sendirilah bagaimana susahnya buang air besar selama hamil.

Ini dia manfaat besar dari buah semangka bagi kesehatan ibu hamil.
  1. Melancarkan Pencernaan
    Susah sekali buang air besar saat sedang hamil. Beberapa kali saya mengalami sembelit bahkan sampai ambeien. Belum lagi keluhan panas dalam. Dengan mengonsumsi buah semangka dapat mengatasi masalah pencernaan kita lho teman-teman.
  2. Cegah Pembengkakan Kaki
    Alhamdulillah selama hamil kaki saya tidak bengkak, hanya minggu terakhir saya merasa ukuran kaki saya agak membesar. Tapi nggak kayak bengkak hamil melainkan karena saya semakin menggemuk. Iya berat badan saya naik tinggi sekali waktu itu. Dengan mengonsumsi semangka bisa melancarkan pembuluh darah pada ibu hamil sehingga penyebab kaki dan tangan bengkak bisa dihindari.
  3. Cegah Morning Sickness
    Ibu hamil memang sering mengalami morning sickness. Saya termasuk orang yang cukup beruntung karena tidak mengalaminya. Barangkali penyebabnya saya makan banyak buah semangka sewaktu hamil. Bukan karena saya tahu manfaatnya sih melainkan karena saya suka sekali waktu itu. Buah semangka bisa langsung dimakan atau diolah menjadi jus dan bye-bye morning sickness.
  4. Nutrisi Bagi Janin
    Kalau tiga manfaat sebelumnya adalah untuk kesehatan ibu hamilnya, sekarang manfaat berikutnya adalah bagi janin yang berada di dalam kandungan. Di dalam buah semangka terdapat nutrisi yang baik bagi janin. Sehingga baik sekali bagi ibu hamil untuk mengonsumsi buah semangka ketika sedang hamil.

Namun untuk ibu hamil yang kadar gula darahnya menjadi tinggi karena terlalu banyak mengonsumsi semangka harus membatasi buah ini. Bisa menggantinya dengan buah yang lain sebagai selingan. Apalagi jika memang teman-teman penderita diabetes sebaiknya melewatkan buah semangka dari daftar cemilan selama hamil.

Usahakan juga saat akan mengonsumsi semangka selalu dalam keadaan segar karena saat buah semangka terkena udara terbuka akan membuat kadar asamnya meningkat dan bisa membuat ibu hamil menjadi mual. Makanya saat hamil saya lebih suka membeli semangka yang ukurannya agak kecil supaya bisa langsung habis sekali makan. Soalnya disimpan di dalam kulkas pun, semangka yang sudah dibelah tak akan bertahan lama kesegarannya. Tetap akan terasa asam seperti basi.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers