12 November 2015

Mengenal Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Efektif


Memandikan seorang bayi merupakan salah satu bagian penting untuk merawat bayi. Maka dari itu, perlakukan proses ini dengan baik dan hati-hati agar si bayi tidak mengalami kesakitan dan terluka karena kondisi seorang bayi masih terlalu lemah. Bagi ibu yang pertama kali memiliki seorang anak, pasti akan kesulitan dalam pemandian bayi, perlu berbagai macam informasi yang akurat bagaimana cara memandikan bayi baru lahir yang baik dan benar.
Berikut ini ada beberapa cara memandikan bayi baru lahir yang efektif, antara lain:
  • Persiapkan jenis bayi yang digunakan setelah proses mandi, susun sesuai dengan urutan dan pemakaiannya.
  • Persiapkan perlengkapan untuk mandi bagi bayi. Mulai dari sabun, handuk, sampo, waslap dan air hangat. Gunakan suku untuk membaca suhu dari airnya dan pilih tempat yang hangat untuk proses memandikannya.
  • Buka baju yang dipakai oleh baju secara keseluruhan dengan menggunakan handuk.
  • Sabun dan bilasi pada bagian dada, laher, ketiak, lengan, paha, jari, lutut, kaki dan area kelamin bayi secara perlahan dan lembut.
  • Untuk proses membersihkan punggung dan pantat. Ibu perlu membalikkan tubuh dan pegang di bagian ketiak menggunakan tangan kiri. Sabun dan bilas dengan menggunakan tangan kanan.
  • Jika bagian rambut dibersihkan, sebaiknya basuh dan bilas dengan hati-hati dan lembut jangan sampai terkena bagian wajah.
  • Jika proses pembilasan sabun dan sampo selesai, segera untuk membungkus bayi dengan menggunakan handuk lalu keringkan dengan cara menepuk handuk secara perlahan dan lembut.
  • Baringkan bayi pada baju yang akan dipakai dan telah disusun. Bersihkan bagian pusar lalu oleskan minyak di bagian perut dan punggung serta lipatan tubuh.
Itulah cara memandikan bayi baru lahir yang baik dan benar yang perlu untuk diperhatikan bagi ibu yang belum mengerti khususnya ibu yang baru memiliki momongan. Selama proses pemandian gunakan sabun dan sampo dari produk zwitsal yang terbuat dari bahan yang aman dan nyaman untuk bayi.




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers