60 Tahun Astra

60 Tahun Astra

19 November 2015

Cobaan Saat Hamil



Kehamilan memang menjadi sesuatu yang sangat ditunggu oleh banyak pasangan yang baru menikah atau yang sudah lama menginginkan momongan. Beruntung sekali saya tidak butuh setahun untuk hamil walaupun sebenarnya tidak membuat program untuk mendapatkan momongan secepat mungkin. Hal yang paling sering menjadi masalah bagi saya ketika hamil bahkan sampai sekarang saat menyusui adalah mudah sekali lapar. Saya pernah terbangun tengah malam dan sudah berada di ranjang tapi kesulitan melanjutkan tidur karena saya merasa lapar. Biasanya mau nggak mau saya bangun dan memasak makanan di dapur jika memang tak ada makanan ringan yang ada di kamar.

Tak ada salahnya jika memang teman-teman sedang hamil, selalu menyediakan makanan ringan sehat di kamar. Letakkan dalam toples dan posisinya mudah dijangkau. Perempuan hamil nggak masalah kok ngemil asalkan itu menyehatkan. Misalnya ngemilnya buah pisang atau sayur-sayuran. Ngemilnya sayur? Iya saya waktu hamil suka sekali makan sayuran hijau. Sehingga saya tak merasakan yang namanya morning sickness atau mual-mual.

Buah pisang juga baik sekali bagi teman-teman yang hamil karena bisa mengatasi sembelit. Nggak hanya buah pisang sih sebenarnya, buah pepaya juga bisa, dan usahakan selalu minum air putih yang cukup. Karena sembelit itu akan menambah masalah baru pada ibu hamil, yakni ambeien. Saya beberapa kali terkena ambeien selama hamil. Sekarang sih sudah sembuh. Alhamdulillah suami menemukan obatnya di apotek dan manjur sekali untuk mengatasi ambeien. Saya kurang tahu apakah obat itu aman untuk ibu hamil atau tidak, karena saya meminumnya saat saya sudah selesai melahirkan. Daripada mengobati alangkah lebih baiknya teman-teman mencegahnya sejak dini. Karena ambeien itu sama sekali tidak mengenakkan.

Menyediakan cemilan sehat tidak hanya saya sarankan untuk ibu hamil, ibu yang sekarang sedang menyusui juga tetap harus punya banyak sekali cemilan yang menyehatkan. Supaya tidak kelaparan di tengah malam lalu sulit tidur dan esok harinya akan menjadi sangat mengantuk. Banyak sekali cemilan yang menyehatkan yang bisa teman-teman konsumsi selama hamil dan menyusui. Apabila memang dibutuhkan, sediakan satu buah kulkas kecil untuk menyimpan cemilan buah-buahan dan tempatkan di dalam kamar. Jadi buahnya sudah dipotong-potong dan disimpan di wadah sebelum didinginkan.

Saya paling sering menyimpan roti sih di dalam toples buat ngemil atau biasanya juga kacang karena saya suka sekali makan kacang. Teman-teman punya makanan ringan favorit? Share di sini ya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers