30 Oktober 2015

Telur Asin Ayam


Telur atau telor asin memang bisa menjadi senjata yang sangat berharga di dapur. Tinggal rebus dan siap santap tanpa perlu menambahkan bumbu apa pun. Terutama untuk orang yang kayak saya. Agak susah kalau disuruh masak makanan yang banyak menggunakan bumbu. Sukanya ya tumisan dan rebusan saat harus menyiapkan makanan buat di rumah. Tapi kadang harga telur asin suka nggak masuk akal deh. Hahahah keluar deh otak emak-emaknya.

Saya suka telur asin masalahnya. Kalau sekali makan habis dua biji berarti harus keluar uang lebih banyak. Sebutir telur asin kisaran harganya 2.800-3.000 untuk telur asin bebek, anggap 3.000 deh yang saya beli, kalau makan dua berarti 6.000 kan? Itu harga untuk telurnya doang. Makanya sekarang saya selalu sedia telur asin di rumah. Biar lebih irit bikinnya pake telur ayam.

Banyak yang nggak yakin kalau telur ayam juga bisa dibikin telur asin. Padahal telur mah sama aja. Bahkan saya jadi kepikiran buat bikin telur burung puyuh asin. Percobaan yang kecil itu nanti deh. Soalnya sekarang mau fokus bikin telur ayam aja yang mau diasinkan.

Terus kepikiran juga soal banyaknya rumah makan yang ada di Pontianak. Terutama rumah makan padang. Mereka selalu punya menu telur asin tuh. Gimana ya caranya supaya saya bisa jadi pemasok telur asin di tempat mereka. Wih kalau saya bisa menguasai pasaran telur asin buat rumah makan, keuntungan yang banyak sudah terbayang di depan mata. Sebab mereka pasti butuh banyak sekali telur asin.

Apakah ada perbedaan antara telur asin ayam dan telur asin bebek?

Menurut saya sih dari segi rasa nggak jauh beda. Cuma aroma telur bebek sama ayam aja yang membedakannya. Nah kalau telur ayam juga lebih kecil dari telur bebek. Harga tentu aja lebih murah telur ayam. Bahkan bisa lebih murahnya jauh banget. Ada musim-musimnya dan ada istilah telur cuci juga yang dijual dengan harga sangat murah.

Istilah telur cuci akan saya jelaskan di postingan yang lain ya! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers