11 Oktober 2015

Selai yang Super Gampang Bikinnya



Aduh sebagai seorang ibu rumah tangga yang tak suka terlalu lama berada di dapur, saya lebih suka duduk lama di depan PC dibandingkan harus disuruh masak sih. Apalagi sekarang ini saya tinggal bersama mertua untuk memudahkan penjagaan Raza. Saya memang tidak berniat untuk melepaskan Raza pada baby sitter sih. Apalagi sekarang ini berita tentang baby sitter yang melakukan tindakan kejahatan banyak banget di televisi. Bikin ngeri.

Walaupun saya nggak jago masak ada beberapa makanan yang bisa saya bikin sendiri kok di rumah. Kayak selai nanas. Karena saya suka makan selai nanas, apalagi kalau ada roti panggang. Saya bahkan sekarang sedang memikirkan untuk membeli cetakan waffle, supaya bisa bikin waffle di rumah. Adonannya sih belum pernah bikin. Hahaha... maklum sekarang banyak banget kegiatan yang harus dilakukan rutin sehingga banyak hal yang harus saya tunda dulu untu dilakukan.

Selai nanas tu rasanya adalah selai yang super gampang banget ngebikinnya. Soalnya saya pertama kali bikin selai nanas tuh waktu masih duduk di bangku sekolah SD. Bahannya ya nanas yang diparut sama gula. Sesuka kita aja sih mau sebanyak apa gulanya. Buat yang suka manis ya dibanyakin kalau nggak suka terlalu manis ya jangan kebanyakan gula. Apalagi sekarang ini banyak nanas yang rasanya manis banget. Itu cocok banget dibikin selai.

Kayak beberapa hari yang lalu saya borong banyak nanas di Sei Raya Dalam, di tempat kakak ipar saya yang ketiga tinggal bersama keluarga kecilnya. Itu nanasnya manis banget. Saya sampe habis beberapa potong makan nanas tersebut. Ah kayaknya boleh nih beli nanas lagi di sana.

Habis itu parutan nanasnya tinggal dicampur dengan gula lalu dipanaskan dengan api kecil di dalam wajan. Sesekali harus diaduk ya. Sampai airnya tinggal sedikit. Kalau sudah jadi bisa langsung dimasukkan ke dalam toples dan disimpan atau tinggal dioleskan ke roti yang diinginkan. Saya biasanya juga menggunakan selai nanas ini untuk membuat nastas.

Ah jadi rindu dengan masa kecil dulu yang masih kumpul dengan keluarga saya di kampung saya. Setiap bulan puasa membuat banyak sekali kue lebaran. Selai nanas mengingatkan saya akan banyak hal yang tak bisa saya ulang kembali. Entah kapan saya akan berkumpul lagi dengan mereka yang sangat saya rindukan itu.

Resep selai nanas ini pastinya cocok banget buat yang suka punya banyak stok nanas di rumahnya. Selain dibikin selai sih sebenarnya bisa dibuat dodol juga. Kemarin liat di televisi ada yang bikin dodol nanas, kayaknya enak tapi saya agak malas bikinnya karena mengaduknya bakalan lama. Hehehe.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers