12 September 2015

Tips Menulis Paling Jitu


Banyak sekali orang di luar sana yang rela membayar mahal supaya mereka mendapatkan wejangan soal dunia tulis-menulis. Wejangan yang sebenarnya bisa dia dapatkan secara gratis. Seperti sekarang ini. Saya ingin berbagi wejangan caranya supaya bisa menulis. Ini tips paling jitu.

Menulis itu bukan sesuatu yang sulit kok selama kita tidak memperdulikan bagus enggaknya sang tulisan. Jangan terlalu lama mikir hanya untuk membuat sebuah kalimat. Apalagi yang di dalam kepala kita hanyalah mengenai bagus tidaknya tulisan kita. Biarkan saja lepas ke pembaca. Selama tidak melanggar hukum ya sudah aman saja melepaskannya.

Inilah kadang masalah yang paling krusial yang sering kita hadapi saat akan menulis.

Ada lagi masalah lainnya, yaitu kita terlalu sibuk mencari cara supaya bisa menulis. Jangan harap bisa menulis kalau yang kita lakukan hanyalah membaca tulisan orang lain mengenai cara membuat tulisan. Seperti yang sekarang ini kamu lakukan. Tapi tak mengapa. Sudah terlanjur membacanya toh? Kita lanjutkan saja.

Supaya bisa menulis itu caranya mudah. Nyalakan PC dan ambil keyboard terbesar di dunia yang kita punya. Sebab mengetik menggunakan keyboard yang besar akan sangat nyaman. Lalu mulailah menulis. Jangan terlalu lama mikir. Jangan kebanyakan pertimbangan. Menulis saja. Biarkan orang yang akan membuat penilaiannya berdasarkan kemampuan mereka masing-masing.

Karena menulis itu bisa dilakukan saat kita memulainya. Mau menulis? Jangan sibuk hadir di seminar kepenulisan. Langsung aja menulis. Saat saya masih duduk di bangku sekolah, menulis tak sesederhana sekarang. Dulu harus beli buku yang tebal dulu dan pulpen yang nggak gampang macet. Baru deh mulai bisa menulis. Beda dengan era digital seperti sekarang ini. Tinggal ketak-ketik saja sudah menghasilkan tulisan. Bahkan update status di sosial media juga sudah terhitung menulis. Nggak ada cerita menulis jadi berhenti gara-gara pulpen yang tiba-tiba macet atau kehabisan tinta. Sekarang paling kalau smartphone lowbet jadi nggak bisa melanjutkan menulisnya.

Ingin menulis? Ya lakukan sekarang nggak perlu banyak cari tips sana-sini. Nggak ada tips yang benar-benar jitu kalau kita sendiri tak mau memulainya. Ketika kehabisan kata-kata untuk dituliskan ya banyak-banyak membaca saja karena semuanya berkaitan satu sama lain. Banyak baca jadi banyak pengetahuan dan tentunya berimbas pada bobot tulisan yang kita hasilkan. Apakah tulisan yang bermanfaat atau tidak untuk orang lain?
 

@honeylizious

Followers