2 September 2015

Tanya Jawab Masalah Properti?


Memiliki properti seperti memiliki pisau yang punya dua mata. Ada sisi positif dan negatifnya dengan memiliki properti. Paling sering sih yang terjadi adalah masalah sengketa properti. Apalagi jika sejak awal yang berhak terhadap sebuah properti terlalu ramai. Ini bisa berakibat buruk dalam hubungan sebuah keluarga. Bahkan gara-gara properti bisa memutuskan ikatan kekeluargaan karena persengketaan di dalamnya. Sudah banyak berita yang ditayangkan di televisi yang menampilkan akibat negatif dari sengketa properti. Bahkan seakan tak peduli dengan ikatan keluarga yang terjalin sebelumnya, tak peduli jika yang dituntut adalah orang tuanya atau saudaranya sendiri.

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan jika memiliki sebuah properti. Sehingga properti nantinya akan memberikan manfaat yang positif bagi kehidupan manusia. Berikut hal-hal tersebut.

  1. Masalah Legalitas
    Nah ini adalah permasalahan yang paling sering menimbulkan persengketaan di dalam sebuah keluarga. Kelegalan sebuah properti. Sebenarnya kalau sudah bersangkutan dengan yang namanya properti seharusnya kita memperlakukan keluarga sebagai orang lain. Sehingga kita benar-benar bisa menimbang dari sisi hukum secara benar. Bukannya melakukannya dengan pembatasan karena nilai kekeluargaan. Banyak sudah orang yang akhirnya menyengketakan sebuah properti karena kelegalannya tidak diurus secara benar dari awal dari sisi hukum negara. Ini tentunya bisa menjadi api di dalam sekam. Pelan-pelan akhirnya akan membakar. Bukan tidak mungkin akhirnya pihak yang lebih berhak malah tidak mendapatkan bagian di dalam properti tersebut karena masalah legalitasnya belum selesai dan ini menjadi celah buat orang lain masuk dan mengambil properti tersebut.
  2. Waktu Singkat
    Saat akan mengurus masalah legalitas properti yang dimiliki, lakukan segera dan dalam waktu yang singkat. Jangan mengulur-ulur waktu. Sebab untuk mengurus legalitas sebuah properti butuh biaya dan waktu yang tidak sedikit. Usahakan mengurus legalitas sebuah properti yang kita dapatkan dari warisan atau hibah atau membeli sesegera mungkin. Supaya dikemudian hari tidak timbul masalah persengketaan yang harus diselesaikan di pengadilan. Ini tentunya akan sangat merepotkan bukan?
  3. Kepemilikan Properti
    Jika Anda sendiri sudah memahami bagaimana sensitifnya hal yang berkaitan dengan properti tak ada salahnya sebagai orang tua menyiapkan sejumlah properti sesuai dengan banyaknya ahli waris atau anak yang akan mendapatkannya. Sehingga dikemudian hari mereka tidak saling memperebutkan properti yang ada karena harus berbagi dengan saudaranya sendiri.

Apalagi harga properti akan terus meningkat karena bumi tidak bertambah luas. Itu sebabnya banyak sekali orang yang mencari rumah dijual terutama di kota besar. Apalagi kalau ada rumah dijual di Jakarta akan banyak sekali yang mau memilikinya. Memiliki properti benar-benar penting untuk kelangsungan hidup di dunia ini. Jangan sampai properti menjadi penyebab terpecah-belahnya sebuah keluarga. Jadikan properti yang kita miliki memberikan manfaat bukan hanya untuk kita tetapi juga untuk orang lain terutama keluarga yang kita miliki.
 

@honeylizious

Followers