18 September 2015

Susah Menulis? Banyak-Banyak Baca!


Beberapa waktu yang lalu berniat untuk menulis dalam bahasa Inggris. Cukup kesulitan untuk membuat tulisan yang lebih panjang dalam waktu yang singkat. Apalagi sekarang sudah punya momongan. Tidak mungkin rasanya menghabiskan berjam-jam di depan komputer hanya untuk menyelesaikan satu tulisan. Apalagi sekarang sudah banyak tulisan pesanan yang harus dibuat setiap bulan untuk banyak pelanggan yang menggunakan jasa saya di blog ini.

Akhirnya saya sadar kesulitan itu terjadi karena saya jarang membaca tulisan dalam bahasa Inggris. Hahahaha...

selama ini yang saya baca memang adalah artikel dalam bahasa Indonesia. Apalagi blog teman-teman juga rata-rata dalam bahasa Indonesia. Belum benar-benar menemukan blog berbahasa Inggris yang nyantol di hati. Apalagi temen blogger yang dari Inggris juga belum ada. Kayaknya harus meluaskan jaringan biar lebih banyak mengenal dan dikenal orang.

Awal bikin blog mampirnya ke blog dalam negeri terus atau kalaupun bloggernya di luar negeri, bahasa di blognya tetap saja yang berbahasa Indonesia. Ya awalnya memang lebih suka blog yang berbahasa Indonesia sih dibandingkan yang bahasa Inggris karena lebih mudah memahaminya. Beda dengan sekarang, saya kan niatnya pengen banyak belajar bahasa Inggris. Mau nggak mau ya baca blog yang berbahasa Inggris dong ya biar bisa ngeblognya dengan bahasa asing.

Sekarang sih mulai membiasakan diri seenggaknya baca buku berbahasa Inggris beberapa halaman dalam satu hari. Mencatat kosa kata yang tak saya pahami maksudnya lalu menemukan penjelasannya lewat kamus Oxford. Sebisa mungkin sih nggak menggunakan kamus yang dua bahasa melainkan satu bahasa aja biar lebih terbiasa lagi.

Bukankah untuk belajar bahasa yang paling enak ya menggunakan bahasa tersebut lebih banyak dalam keseharian kita. Terserah deh nantinya dibilang sok atau apa. Namanya juga latihan kan. Biar lidah juga menjadi lebih lembut lagi saat mengucapkan kata-kata berbahasa Inggris yang suka belepotan.

Saat menuliskan ini saya sedikit menarik napas panjang karena listrik berkedip untuk kedua kalinya dan komputer langsung restart nggak jelas. Apakah di rumah teman-teman sekalian juga mengalami hal yang serupa? Untung saya beberapa kali menekan tombol save di keyboard antik saya, jadi saat membuka file tulisan ini masih ada.

Itu aja sih sharing saya mengenai belajar bahasa Inggris ke tingkat yang lebih tinggi yaitu menulis. Lebih tepatnya mata kuliah ini yang saya tunggu-tunggu dan sekarang muncul di semester ini. Alhamdulillah akhirnya....
 

@honeylizious

Followers