5 September 2015

Cara Mendidik Anak yang Baik Sesuai Gendernya




Siapa orang tua yang tak ingin memiliki anak yang sholeh dan sholehah dan kelak menjadi orang yang sukses, semua tentu memiliki angan-angan tersebut. Hanya saja tak semua juga yang bisa memilikinya. Sebenarnya anak yang sholeh maupun sholehah tersebut bukan merupakan bawaan dari lahir, melainkan karena orang tuanya mendidik dengan tepat sehingga selain bisa beradaptasi dengan lingkungan ia juga bisa menjadi panutan yang baik untuk orang lain. Setiap dari orang tua pasti memiliki cara mendidik anak yang baik mereka masing-masing.

Ada yang mungkin sedikit menerapkan kekerasan, namun ada yang benar-benar sabar bergantung pada lingkungan dan pribadi masing-masing orang. Namun ternyata mendidik anak yang tepat juga harus melibat pada gender, mungkin kita sudah sering kali melihat perempuan yang kelakuannya seperti laki-laki, atau juga sebaliknya, hal ini tentunya salah dan tak sesuai dengan norma yang adadi masyarakat. Bagi yang memiliki anak perempuan dan tak ingin mereka menjadi pribadi yang tomboi berikut ini tips mendidik anak yang baik:

  1. Selalu menumbuhkan kesadaran dan bagaimana kodrat seorang wanita, wanita berbeda dengan pria baik itu dari cara berpakaian ataupun tingkah laku, jika ia mulai sudah memanjat pohon mulai katakan tidak, begitu juga dengan jenis permainan yang memang bukan dikhususkan untuk wanita.
  2. Ajari ia mengenai keterampilan rumah tangga, misalkan saja dengan membiasakan mereka untuk membantu ibunya di dapur atau juga membersihkan rumah, hal ini lama-kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan.
  3. Dandan tak masalah, akan jauh lebih baik untuk mengajari mereka berdandan, karena bagaimanapun seorang wanita memang wajib mengerti dunia berhias, hanya saja sesuaikan dengan usia.
  4. Orang tua juga harus membiasakan membelikan pakaian atau jenis mainan apapun yang memang dikhususkan untuk perempuan, dengan begitu mereka akan tau bahwa itu memang khusus untuk dia dan beberapa diantaranya tidak.

Tak hanya anak perempuan, anak laki-laki juga harus memiliki cara mendidik anak yang baik berbeda agar kelak menjadi sosok yang bisa dibanggakan.

@honeylizious

Followers