16 September 2015

Berharap Ada Fitur Penyaring Teman di Facebook


Pertama kali punya akun facebook sekitar tahun 2008 atau 2009 gitu deh. Saat masih jaman alay sampai sekarang jadi emak-emak. Akhirnya akun pertemanan saya sering mencapai ambang batas yang diizinkan yakni 5.000 teman. Jadi ketika ada teman yang baru mau menambahkan saya sebagai teman tentunya jadi tak bisa. Mau tak mau saya yang memilih satu dua orang untuk dihapus baru bisa menambahkan teman yang bisa saya jadikan teman di facebook. Agak menyesal sih dulu suka sekali menambahkan orang tak dikenal ke akun sendiri. Mau mencarinya agak sulit deh apalagi kalau membuka fitur pertemanan yang muncul pertama adalah orang yang paling banyak teman bersama atau yang paling banyak berinteraksi dengan kita. Bukan sebaliknya.

Harapan saya malah yang muncul adalah akun yang teman bersamanya paling sedikit atau bahkan nol. Bisa juga teman yang tak pernah berinteraksi sama sekali dengan kita. Soalnya agak menyulitkan sih ingin menghapus orang yang memang tak kita kenal dan tak bisa kita temukan dengan cepat melalui fitur teman yang kita miliki.

Coba saja ya di facebook itu ada fitur buat menyaring teman yang kita miliki. Mulai dari yang paling sering berinteraksi, teman bersama paling banyak, sampai yang jarang berinteraksi dan teman bersamanya nggak ada. Jadi saya tinggal membuka fitur yang saya butuhkan untuk menghapus akun-akun yang sudah tidak aktif lagi di sosial media.

Palingan yang saya bisa lakukan adalah menghapus orang yang suka update status alay di facebook atau suka maki-maki melalui akun media sosialnya. Itu yang paling mudah dilakukan sih. Jadi sementara ini akun facebook saya isinya mendekati ambang batas 5.000 teman. Walaupun risikonya sulit menambahkan teman yang baru lagi padahal butuh ketika sudah mencapai angka 5.000 teman, bagian menyenangkannya sih saya tak perlu repot menolak permintaan teman dari orang yang tak saya kenal.

Saya ingat waktuu dulu belum punya smartpone canggih. Saya jarang membuka facebook. Akhirnya yang terjadi adalah ribuan orang menumpung di fitur menambahkan teman. Itu saya tiap hari menyisihkan waktu luang untuk menghapus permintaan teman dari orang yang tak dikenal. Menerima yang dikenal. Benar-benar butuh proses yang panjang saat itu. Belum lagi sangat aktifnya pengguna facbeook pada masa itu.

Beda ya dengan sekarang. Jangan-jangan banyak di antara teman-teman yang bahkan sudah menghapus akun facebooknya?

 

@honeylizious

Followers