1 September 2015

Tentang Memberi Kepercayaan



Ini adalah sesuatu yang sangat penting yang selalu saya pegang. Hingga hari ini. Buat banyak orang yang saya kenal, saya hanya memberikan kepercayaan satu kali saja. Sebab buat saya orang yang tak bisa menjaga kepercayaan dengan baik tidak perlu mendapatkan kesempatan kedua. Kesalahan yang lain saya rasa masih saya bisa toleransi kecuali yang satu ini. Ketika kepercayaan yang saya kasih sudah tak dirusak, saat itu juga saya akan megingat baik-baik orangnya yang tak bisa menjaga kepercayaan saya itu.

Tapi bukan berarti saya orangnya tak bisa memberikan toleransi. Sebab saya orangnya sangat fleksibel jika orang mau menjelaskan segala sesuatunya dari awal. Apalagi kalau sekarang masalahnya adalah berkaitan dengan uang atau pekerjaan. Saya bukan orang yang saklek atau punya harga mati kok, tapi jangan sampai toleransi yang diberikan malah membuat kepercayaan tersebut semakin hancur.

Ketika kepercayaan sudah hilang ya saya seperti orang yang 'patah hati'. Kecewa berat sudah pasti. Namun yang jelas saya tak bisa memberikan kepercayaan kedua. Barangkali saya harus mengingat baik-baik bahwa di dunia ini saya tak bisa mengukur kemampuan orang seperti kemampuan saya. Bahwa tak semua orang bisa seperti saya dalam mengerjakan sesuatu walaupun yang saya kerjakan jauh lebih banyak.

Entah saya ini gila atau genius. Saya kurang tahu. Yang jelas saya sangat bisa diandalkan ketika menerima sebuah pekerjaan dan saya juga berharap orang yang saya percaya bisa diandalkan setidaknya sepertiga dari kemampuan saya sendiri. Reputasi ini yang ingin terus saya jaga dan tak ingin ada orang yang membuat orang membuat penilaian berdasarkan sesuatu yang bukan saya hasilkan.

Ah ini hanya curhat tentang sulitnya mencari orang yang bisa dipercaya selain suami saya, saat ini. Segala pekerjaan sekarang kami bagi berdua. Saya lebih banyak dengan PC dan smartphone sedangkan suami bagian dukungan offline. Setidaknya dia bisa membantu menyediakan minuman atau cemilan saat saya menulis. Walaupun dia tak bisa membantu menambah jumlah tulisan yang saya butuhkan. Dia juga orang yang paling tepat untuk mengantarkan paket dagangan saya ke ekspedisi andalan.

Siapa orang yang bisa menjaga kepercayaan saya berikutnya? 

@honeylizious

Followers