2 Agustus 2015

Memaksimalkan Kamera Smartphone



Penggunaan smartphone sekarang ini bukan hanya sebagai alat komunikasi kita dengan orang yang jauh. Tetapi sudah banyak orang yang menjadikannya 'kantor' atau alat untuk bekerja. Tak jarang sekarang wartawan atau penulis yang menggunakan smartphone untuk mengambil gambar yang akan digunakannya untuk bahan liputan. Harus diakui perkembangan smartphone sekarang ini memang membawa banyak sekali hal positif. Apalagi fitur yang ada di smartphone memang lengkap. Bisa nelpon, SMS, chat, browsing, dan tentu saja menangkap gambar.

Khusus untuk bagian menangkap gambar, sekarang ini banyak sekali yang menjual lensa ajaib untuk smartphone. Lensa tambahan yang dijual mulai dari harga yang sangat miring sampai yang cukup mencekik di kantong. Lensa fish eye yang sempat booming beberapa waktu lalu dan banyak sekali digunakan oleh pengguna smartphone sebagai efek yang cukup menarik saat berfoto. Apalagi jika digunakan untuk mengabadikan foto pemandangan di tempat kita liburan.

Saya sendiri sebenarnya juga ingin memiliki lensa tambahan untuk kamera smartphone saya soalnya ingin bereksperimen lebih banyak dengan kamera. Apalagi sekarang saya sudah punya objek foto yang sangat menempel dengan saya. Setiap hari dapat dipastikan saya memang akan mengabadikan fotonya bahkan saya sudah membuat akun instagram khusus untuk dirinya. Soalnya akun instagram saya akan lebih banyak saya gunakan untuk foto produk atau tempat wisata yang bisa dikunjungi dibandingkan foto pribadi bayi saya.

Sekarang ini saya sudah jarang spamming di akun instagram saya dengan foto wajah anak saya sih. Karena sebagian besar sekarang fotonya saya unggah ke akun instagram miliknya sendiri.

Satu fitur dari lensa tambahan yang ingin saya miliki adalah lensa untuk memotret lebih dekat dan membuatnya terlihat lebih jelas dengan lensa tersebut. Sebenarnya saya juga ingin ganti smartphone sih supaya bisa mendapatkan smartphone dengan kamera yang lebih mumpuni. Tapi mengingat sekarang sudah punya tanggungan satu bayi di keluarga kami, membuat saya lebih memilih untuk memaksimalkan kamera smartphone yang sudah ada dengan membeli lensa ajaib tambahan. Semacam lensa 5 in 1 atau lensa universal yang sekarang kisaran harganya murah meriah.

Ada juga sih lensa tambahan yang harganya dibanderol cukup tinggi. Tapi karena penggunaannya tidak sepraktis lensa yang tinggal dijepitkan di smartphone kita jadinya saya khawatir untuk membelinya. Khawatirnya nanti malah tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Gara-gara sekarang saya sibuk mengurus bayi. Tak bisa direpotkan dengan lensa seperti itu.

Kamu sendiri sudah memaksimalkan kamera smartphonemu?

 

@honeylizious

Followers