3 Agustus 2015

Celemek Menyusui Ajaib


Berapa banyak ibu di dunia ini yang akhirnya menyadari bahwa ASI adalah sesuatu yang sangat penting untuk anaknya? Terutama anak yang sama sekali belum diperbolehkan mendapatkan asupan makanan atau minuman selain ASI. Walaupun banyak juga bayi yang tak mendapatkan haknya tersebut karena beberapa alasan, memang ada perempuan yang ASI-nya sama sekali tak keluar sehingga mau tak mau sang bayi diberikan susu formula.

Saya sendiri sejak awal sudah mempersiapkan diri untuk memberikan ASI eksklusif untuk anak saya. Karena itu hak sang bayi yang harus saya penuhi selama 6 bulan. Bahkan menyusui setidaknya sampai 2 tahun. Namun sebagai ibu menyusui, kita juga menghadapi dilema yang cukup mengganggu. Menyusui di tempat umum atau di luar rumah. Nah bagaimana caranya menyusui anak kita di depan banyak orang tanpa membuat kita memperlihatkan bagian tubuh pribadi kita tersebut?

Sekarang sih sudah sangat mudah ya. Kita tinggal mengenakan celemek menyusui. Kita bisa melindungi payudara yang kita gunakan untuk menyusui bayi kita. Jadi ingat deh waktu jaman dulu, belum ada inovasi seperti ini, banyak sekali ibu yang menyusui anaknya di angkutan umum dan dengan santainya mengeluarkan payudaranya sehingga banyak orang yang bisa melihat payudaranya tersebut.

Untungnya untuk ibu menyusui yang mengenakan hijab, tak perlu terlalu khawatir, sebab hijab yang menutupi hingga dada juga sudah banyak dijual di pasaran. Kita tinggal membeli hijab praktis yang selain bisa menutupi aurat kita juga bisa menjadi celemek menyusui ajaib. Kepala bayi juga bisa terlindungi selama menyusui.

Saya sendiri sering menyusui anak saya di tempat umum selama perjalanan, jadinya saya selalu menggunakan hijab yang menutupi hingga pinggang tidak hanya dada. Saya khawatir payudara saya nantinya tidak tertutupi dengan sempurna jika jilbabnya hanya sedada. Mengingat bayi yang saya susui sekarang ini sangat aktif gerakannya. Saat dia bergerak selama menyusu, kita tentu tak ingin jilbab kita tersingkap dan memperlihatkan bagian tubuh kita yang sangat pribadi tersebut.

Beda cerita dengan orang yang bukan dari negara timur seperti kita. Saya pernah tuh lihat akun instagram seorang selebritis yang sedang berenang dengan anaknya, kemudian menyusui anaknya sambil duduk di dalam kolam renang. Walaupun banyak yang mendukung 'ngASI', ada pula beberapa orang yang menghujat foto tersebut.

Teman-teman sendiri punya pengalaman menyusui di tempat umum yang menarik? Jangan lupa gunakan celemek menyusui ajaib ya!

@honeylizious

Followers