24 Agustus 2015

Bikin AC dari Kipas Angin



Saya sempat melihat video yang banyak dibagikan oleh teman-teman saya di akun sosial media facebook. Videonya tentang cara membuat pendingin ruangan atau AC menggunakan kipas angin. Sesuatu yang cukup unik deh mengingat AC butuh banyak sekali daya listrik beda dengan kipas angin yang jauh lebih hemat energi. Apalagi kalau yang digunakan adalah kipas yang berukuran mini atau yang biasa disimpan di meja kerja kantor. Jadi nggak makan tempat terlalu banyak. Diameternya nggak lebih dari satu jengkal orang dewasa.

Membuatnya juga sangat mudah, tinggal buat lubang untuk menempatkan kipas angin di dalam box yang sudah kita lubangi dan diberi pipa pendek sebagai tempat keluarnya angin dingin. Lalu di dalam box tersebut bisa kita isi es batu. Kipas angin kecil pun sudah cukup untuk membuat sebuah AC sederhana yang bisa mendinginkan ruangan. Setidaknya mendinginkan kita yang ada di dalam ruangan tersebut.

Apalagi kalau tinggal di Pontianak. Pasti paham betul bagaimana panasnya udara di Pontianak akhir-akhir ini. Sudah beberapa hari tak turun hujan dan kabut asap di mana-mana. Membuat udara nggak hanya panas tapi juga kotor. Terakhir udara seperti ini anak saya jadi batuk-batuk. Maklum dia masih usia bawah 6 bulan. Sistem pertahanan tubuhnya berbeda dengan orang dewasa yang jauh lebih kuat berhadapan dengan udara yang kotor.

Dibandingkan menyalakan pendingin ruangan konvensional tak ada salahnya menyiapkan AC buatan sendiri dari es batu, box, dan kipas angin kecil ini. Bisa berbagi dengan beberapa orang yang ingin merasakan dinginnya udara selama beberapa saat. Nggak selamanya panas harus diusir dengan minum minuman dingin bukan?

Setidaknya kita tetap bisa menyalakan 'AC' di rumah yang dayanya tidak mencukupi untuk menyalakan banyak pendingin ruangan sekaligus. Ini juga bisa jadi ajang keterampilan di dalam keluarga yang bingung mau ngapain di hari libur. Mau keluar rumah udara kurang bagus buat kesehatan, bertahan di dalam rumah juga panas. Saatnya menggali ide kreatif menggunakan kipas angin biasa dan menjadikannya kipas angin super dengan peralatan yang sederhana. Selain itu tentunya menghemat tagihan listrik tapi tetap bisa merasakan dinginnya udara dengan AC sederhana tersebut.

Punya kipas angin tak terpakai di rumah karena ukurannya terlalu kecil? Saatnya mengubah energi kecil tersebut menjadi manfaat yang lebih besar.
 

@honeylizious

Followers