20 Juli 2015

Kelas Blogging dengan Materi Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?




Sebenarnya banyak orang bisa menghasilkan uang dari blog dengan cara tersebut. Cara yang sesuai dengan judul tulisan postingan ini. Membuka kelas blogging yang menawarkan materi cara mencari uang dari blog itu sendiri. Saya sendiri tak pernah membuka kelas blogging berbayar. Apalagi mengikuti kelas blogging yang mengharuskan saya membayar sejumlah uang untuk mendapatkan materinya. Emak-emak emang agak pelit, apalagi sekarang sudah punya anak. Suka mikir berkali-kali buat mengeluarkan uang.

Tapi memang ada blogger yang membuka kelas berbayar dengan tema semacam 'cara menghasilkan uang dari blog'. Buat blogger pemula sih sebenarnya jauh lebih baik banyak-banyak membaca dan berteman dengan blogger menurut saya. Itu jauh lebih efektif untuk tahu caranya menghasilkan uang dari blog kita. Sebab blogger yang sudah bisa menghasilkan uang dari blognya tak jarang akan berbagi rezeki dengan memberikan job buat teman-teman blogger yang dikenalnya.

Kebayang nggak kalau kita ikut kelas blogging yang mengharuskan kita membayar? Kita misalkan saja nih, satu peserta harus membayar 150.000 untuk satu pertemuan itu. Kalau yang ikut ada 50 orang, yang ngadain sudah dapat penghasilan yang belum dipotong biaya membuka kelas, sebesar 7.5juta. Lumayan untuk satu kali pertemuan saja. Buat yang tak ingin repot membuka kelas offline yang butuh biaya besar tinggal pake facebook atau sosial media lainnya untuk menjalankan kelas online. Tentu saja ini biayanya akan jauh lebih kecil dan keuntungan lebih besar.

Jadi membuka kelas blogging sebenarnya juga bisa jadi ladang untuk menghasilkan uang. Namun saya khawatirnya kalau saya buka kelas yang mengangkat tema paling menarik yaitu 'cara menghasilkan uang dari blog' dan tentunya akan sangat ramai yang mau ikut kelas seperti ini, bagaimana kalau pesertanya ternyata gagal menghasilkan uang dari blognya? Sebab harus saya akui, rezeki dari ngeblog itu tak bisa diprediksi dan tak setiap orang mampu menghasilkan uang dari blognya dan banyak yang ngeblog hanya karena suka menulis, seperti saya. Tapi ternyata kesukaan saya menulis itu menjadi sumber kebulan asap di dapur. Sehingga terus saya tekuni sampai sekarang.

Kelas blogging yang terlalu fantastis menurut saya serupa dengan kelas-kelas atau seminar-seminar 'cara menghasilkan uang' yang sudah ada di pasaran sebelumnya. Cuma dikemas dengan cara yang berbeda. Jika teman-teman sendiri tetap ingin menginvestasikan uang teman-teman pada hal tersebut ya silakan. Namun yang benar-benar belum terjun ke dunia blogging, ada baiknya perbanyak bacaan tentang tema 'cara menghasilkan uang dari blog'. Sebab banyak sekali yang sudah menuliskan tema ini sejak dulu sampai sekarang bahkan bertahun-tahun akan datang. Tema ini memang tak akan pernah basi.

Jangan-jangan teman-teman habis baca ini juga akan menuliskan hal yang sama di blognya? 

@honeylizious

Followers