10 Juli 2015

Gejala, Pertolongan Pertama dan Pencegahan Terhadap Penyakit yang Disebabkan Virus Dengue dari Nyamuk yang Bisa Mengakibatkan DBD



Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue. Demam berdarah atau yang disingkat DBD disebakan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegipty yang ditandai dengan kaki berwarna belang-belang dan menggigit kulit manusia pada siang hari. Maka dari itu, jika anda menemukan nyamuk dengan ciri seperti ini haruslah waspada siapa tahu itu nyamuk yang menyebarkan penyakit DBD.

Jika orang terkena penyakit ini, maka ada beberapa gejala yang terjadi pada penderita. Adapun gejala penyakit yang disebabkan oleh virus dengue ini ditandai dengan panas tinggi yang secara tiba-tiba menyerang dalam kurun waktu 2 hingga 7 hari dengan suhu badan mencapai 38-40 derajat celcius bahkan bisa lebih, ada sebagian penderita DBD mengalami mimisan, timbulnya bintik-bintik merah pada kulit, merasa mual dan terjadi muntah darah hingga berak darah, kemudian penderita menjadi gelisah serta tangan dan kaki berkeringat, hematemeses, karena terjadi pendarahan pada lambung mengakibatkan elu hati terasa sakit.

Jika kita mengetahui gejala-gejala DBD maka ada cara untuk melakukan pertolongan pertama yang bisa dilakukan yaitu seperti memberikan minum yang banyak, kompres untuk menurunkan panas kemudian memberikan obat penurun panas, jika dalam 3 hari panas tersebut tidak turun maka sebaiknya memabawanya ke dokter, dan ikuti anjuran dokter jika memang harus rawat inap maka lakukanlah.

Sebelum penyakit ini menyerang diri kita atau keluarga kita, sebaiknya anda melakukan langkah pencegahan. Anda beberapa langkah pencegahan penyakit demam berdarah seperti;

  1. Di iklan-iklan televisi kita sering melihat bahkan mendengar ada yang disebut dengan 3 M yaitu menguras, menutup, mengubur. Artinya sering menguras air yang tersimpan di bak mandi atau semacamnya kemudian menutupnya dan membuat barang bekas dengan cara menguburnya.
  2. Melakukan pengasapan atau fogging yang isa dilakukan 1 bulan sekali.
  3. Melakukan abatisasi, yaitu menaburkan bubuk abate ke tempat penampungan air seperti bak mandi atau ember.
  4. Selalu waspada terhadap penyebaran penyakit demam berdarah.

Menjaga lingkungan merupakan langkah yang harus dilakukan agar mencegah segala macam penyakit yang diakibatkan oleh lingkungan. Menjalankan pola hidup sehat dan berolahraga sangat diajurkan agar tubuh tetap fit dan sehat untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

 

@honeylizious

Followers