7 Juli 2015

Cek Darah untuk Kehamilan Usia Muda



Ketika sudah dinyatakan positif hamil, tentunya anda harus segera melakukan cek darah guna memantau kesehatan anda. Dengan menjalankan cek ini, berbagai kemungkinan yang berkaitan dengan gangguan pertumbuhan janin akan mudah untuk dideteksi sejak dini. Pengecekan melalui sample darah dilakukan guna memastikan bahwa anda tidak memiliki faktor resiko masalah kesehatan sebelum melahirkan. Karena saat ini seringkali ditemui kasus kematian bayi akibat dari penyakit yang diderita oleh ibunya dab tidak terdeteksi sejak dini.

Salah satu penyebab umum dari kematian atau bayi lahir cacat merupakan penyakit yang di derita oleh sang ibu selama masa kehamilan. Hal seperti ini yang menjadi alasan pentingnya melakukan periksa darah bagi ibu hamil, khususnya ketika usia kehamilan masih berada pada tri semester pertama. Apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan melalui cek ini?

  1. Mengetahui golongan darah.
  2. Mengetahui faktor Rhesus (RH+/RH-).
  3. Mengetahui kadar hemoglobin (sel darah merah).
  4. Kebal terhadap serangan virus Rubella (Campak Jerman).
  5. Mendeteksi kemungkinan diabetes.
  6. Mendeteksi toksoplasma.

Selain itu, cek darah tentunya juga mencakup pada tes tekanan darah. Hal ini berguna untuk mendeteksi kecenderungan terjadinya tekanan darah tinggi pada ibu hamil yang memiliki nafsu makan tinggi, emosi labil, berat badan meningkat, gemar makan-makanan gurih/asin, maupun memiliki faktor kecenderungan tekanan darah tinggi sebelum masa kehamilan. Tekanan darah tinggi ataupun rendah memiliki tingkat bahaya yang sama, baik bagi ibu hamil ataupun janin yang dikandungnya.

@honeylizious

Followers