5 Juli 2015

Bagaimanakah Kiat Mengolah Resep Masakan yang Sehat?



Banyak orang yang merasa kebingungan dengan banyaknya pilihan aneka resep masakan sehari-hari dalam sebuah buku maupun di acara memasak. Makanan yang dikonsumsi oleh tubuh menjadi sumber energi dan juga pemenuhan nutrisi yang diperlukan. Khususnya bagi anak-anak maka kebutuhan gizi yang seimbang wajib dipenuhi agar masa pertumbuhannya lebih optimal. Sementara untuk orang dewasa perlu mengkonsumsi makanan yang tepat porsi dan kandungan gizinya untuk menunjang aktivitas.

Bagaimana mengolah makanan yang sehat?

Zaman yang modern seperti sekarang menyajikan makanan yang kaya nutrisi adalah sebuah kebutuhan yang sulit dipenuhi. Namun, Anda bisa mengusahakan langkah-langkah berikut agar menu masakan yang disajikan lebih sehat:

  1. Sajikan makanan yang rendah lemak, semisal mengurangi gorengan, tidak terlalu sering mengolah makanan bersantan, dan lain sebagainya.
  2. Olah makanan secara cerdas dan sehat semisal memperbanyak jumlah masakan yang diolah dengan cara dikukus, direbus, atau dibakar yang lebih sehat.
  3. Tanam sendiri sayuran yang disukai keluarga untuk meminimalkan kandungan pestisida sehingga aman dikonsumsi meskipun dicuci sebentar.

Makanan sehat akan lebih terjamin ketika mengolahnya sendiri di dapur sehingga bisa menghindari atau membatasi penggunaan bahan penyedap tertentu. Menanam sayuran atau buah-buahan sendiri bisa dijadikan pilihan untuk mendapatkan bahan makanan segar dan lebih sehat. Tidak sulit menanam sendiri beberapa jenis sayuran, dan bahkan ada yang hanya memerlukan media tanam berupa air. Sudah sehatkah resep masakan yang ibu pilih?

 

@honeylizious

Followers