26 Juni 2015

Ketika Puasa.....


Sebenarnya sih tahun ini saya absen puasa, tapi tetap saja suasana bulan Ramadhan terasa sekali karena di rumah semuanya berpuasa kecuali saya dan dedek bayi yang setiap jam menyusu. Banyak banget yang saya rindukan selama bulan puasa ini. Seandainya bisa diputar kembali, saya ingin kembali ke bulan puasa saat saya masih duduk di bangku sekolah dasar dulu. Saat saya masih bisa berkumpul bersama Uwan dan Aki di kampung sana. Setiap sore mengantar sepiring kue buatan Uwan ke rumah tetangga lalu tebak-tebakan di rumah, balasan dari tetangga kue apa.

Apalagi di penghujung masa sekolah dasar saya ada beberapa tetangga baru yang tinggal di dekat rumah Uwan sehingga ada variasi kue lainnya yang muncul saat bulan puasa tiba. Dulu masih banyak yang suka barter kue. Sekarang sudah jarang sih ya. Apalagi kebanyakan orang lebih suka membeli kue saja dibandingkan harus capek-capek membuatnya.

Saya ingat betul suasana saat masih kecil dulu. Setelah salat maghrib, kami akan makan besar bersama. Karena sebelumnya hanya minum dan makan kue. Nah setelah makan biasanya godaan untuk tidak pergi taraweh semakin besar. Pengen nonton televisi aja di rumah sambil tiduran karena kekenyangan. Tapi tetap dipaksakan pergi karena ada absen taraweh yang harus diisi dan dibawa ke sekolah. Untungnya masjid dekat dari rumah. Nggak kebayang kalau masjid jauh, semangat setengah-setengah, belum lagi cuaca yang bisa jadi nggak mendukung.

Paling sering yang tanda tangan di buku absen taraweh saya dulu ya Aki saya sendiri. Sebab dia sering menjadi imam taraweh. Tidak tahulah sekarang bagaimana keadaan anak sekolah di SD saya dulu. Rindu sekali dengan itu semua. Sudah belasan tahun berlalu dan ternyata saya masih ingin berada di masa tersebut. Terlalu banyak hal berharga yang sekarang hilang dari kehidupan saya dan digantikan dengan hal berharga yang lain.

Sekarang saya sudah punya suami dan anak. Setiap bulan puasa, merekalah yang akan mengisi kenangan berikutnya yang akan saya rindukan di masa depan saat kami menua dan anak-anak kami sudah dewasa.
 

@honeylizious

Followers