19 Juni 2015

Buah Kurma untuk Berbuka Puasa



Bulan Ramadhan identik sekali dengan buah yang satu ini. Dapat dipastikan kita bisa melihat banyak sekali orang yang menjual buah ini. Buah kurma, tentunya. Buah ini memang paling banyak dibeli di bulan puasa. Walaupun di rumah selalu menyediakannya soalnya saya suka ngemilin buah ini kalau sedang lapar tapi tak selera makan nasi. Maklum selama menyusui dapat dipastikan tingkat lapar saya meningkat tajam dibandingkan biasanya. Saya bisa makan berpiring-piring dalam sehari. Tapi tidak khawatir gemuk karena semuanya akan disedot anak saya dalam bentuk ASI.

Penjual buah kurma musiman juga akan muncul di pinggir-pinggir jalan. Sama dengan orang yang menjual juadah untuk berbuka puasa. Di Kota Pontianak sendiri berbagai jenis buah kurma tersedia kalau pas puasa. Apalagi yang berada di sekitaran Jalan Ahmad Yani, di situ penjualnya menyediakan berbagai pilihan buah kurma yang tak biasa. Saya sendiri suka buah kurma yang tidak ada tambahan gulanya.

Dulu di kampung susah sekali mendapatkan buah kurma yang tak ditambah pemanis. Sekarang di Pontianak saya mudah sekali menemukan buah kurma yang dijual dari harga yang paling murah sampai yang harus merogoh kocek cukup dalam. Ingat banget kalau di kampung yang tersedia hanya buah kurma kiloan. Itupun dijual oleh warung kelontong. Beda dengan di Pontianak, buah kurma bisa didapatkan di mall atau swalayan ternama.

Sebelum menyantap berbagai juadah buka puasa, ada baiknya berbuka puasa dengan beberapa butir kurma dan segelas air putih, sesuai anjuran Rasulullah. Walaupun sulit rasanya melawan nafsu saat melihat air sirup yang dicampur buah dan es batu. Belum lagi panganan yang tersedia di tempat penjual juadah berkumpul. Berbagai jenis kue yang biasanya tak ada atau sulit ditemukan tiba-tiba bermunculan.



Itu sebabnya bulan Ramadhan selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Sesuai sekali dengan sebutannya sebagai bulan yang penuh berkah. Di bulan inilah banyak orang bisa mendapatkan rezeki lebih banyak dibandingkan hari biasanya dan banyak orang yang ingin beramal sebanyak-banyaknya.

Selain ngomongin soal buah kurma, sekalian saya ingin mengucapkan selamat menjalan ibadah puasa buat teman-teman muslim di mana pun berada. Tahun ini saya kebetulan harus melewatkan puasa karena masih nifas dan menyusui si dedek bayi. Jadi aroma Ramadhannya agak berkurang rasanya. Sayang sih tapi mau bagaimana lagi ya.
 

@honeylizious

Followers