28 Juni 2015

2 Kuliner Ramadhan Istimewa di Pontianak


Berbicara soal makanan yang ada di Pontianak memang akan selalu menarik. Apalagi lidah saya sendiri sangat cocok dengan makanan yang ada di sini. Bukan tipikal orang yang suka milih-milih makanan juga sih. Di bulan puasa begini juga ada beberapa kuliner yang hadir lebih banyak dibandingkan biasanya. Jadi di hari-hari biasa akan cukup sulit untuk mencarinya. Berikut beberapa makanan yang paling saya suka ketika bulan puasa tiba.

  1. Sotong Pangkong
    Terbuat dari sotong yang sudah dikeringkan lalu dibakar dengan bumbu, setelah itu dipukul-pukul atau dipangkong dengan palu sehingga lebih mudah untuk dimakan. Untuk memakannya sotong yang sudah dipangkong tersebut dicocolkan ke air cabai atau bisa direndam di air cabainya kalau memang suka. Pada hari biasa sebenarnya ada juga yang menjual sotong pangkong ini. Namun saat puasa tiba banyak sekali oran yang membuka lapak sotong pangkong. Terutama di Jalan Merdeka.
  2. Jorong-Jorong
    Kue ini sederhana saja sebenarnya. Terbuat dari tepung beras sebagai bahan utamanya. Namun paling banyak dibuat orang saat bulan puasa. Walaupun di luar bulan puasa saya masih bisa menemukannya. Cuma memang jarang orang yang menyediakannya. Ditempatkan di daun pandan yang sudah dibentuk sedemikian rupa untuk menampungnya. Rasanya yang gurih dan manis memang sangat cocok untuk disediakan sebagai kue santapan berbuka puasa.

Karena tahun ini saya tidak puasa, saya tidak terlalu mencari dua kuliner tersebut. Malah rasanya tahun ini tak terasa kehadiran ramadhannya bagi saya. Sayang sih harus melewatkan Ramadhan kali ini tanpa berpuasa tapi bagian menyenangkannya adalah saya sudah menjadi seorang ibu.
 

@honeylizious

Followers