13 Mei 2015

opor ayam





Untuk anda yang ingin mempelajari cara membuat resep opor ayam anda tidak perlu khawatir karena disini anda akan menemukan resepnya. Jenis opor yang satu ini merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki kuah santan yang kental disertai dengan bumbu rempah yang istimewa sehingga menghasilkan aroma yang sangat mengundang selera. Oleh karena itu tidak heran jika hidangan yang satu ini juga menjadi salah satu hidangan yang disajikan pada hari-hari besar.

Supaya tidak penasaran marilah kita memulai cara membuat masakan sayur yang satu ini. Sebelum mempraktekan cara membuatnya tentu saja terlebih dahulu kita harus mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan untuk membuat sayur opor terbagi menjadi 2 bagian yaitu bahan utama dan bahan untuk bumbunya. Bahan utama yang digunakan untuk sayur ini tentu saja sesuai dengan namanya yaitu ayam yang bisa anda tentukan takarannya sendiri.

Jika bahan utamanya sudah siap barulah anda mempersiapkan bahan berikutnya yaitu bahan untuk bumbunya. Bahan untuk bumbunya terdiri dari garam, ketumbar, bawang putih, bawang merah dan jahe kemudian haluskan. Adapun rempah pelengkap untuk kuahnya yaitu daun salam, kayu manis dan santan yang bisa disesuaikan dengan takaran bahan utamanya. Jika semua bahannya sudah siap langkah selanjutnya tentu saja masuk ke dalam proses memasaknya.

Proses resep opor ayam dimulai dengan merebus ayam terlebih dahulu setelah sebelumnya dipotong-potong dan dicuci. Sambil menunggu ayamnya direbus anda bisa menumis bumbu rempah yang sudah dihaluskan sebelumnya sampai tercium aroma bumbu barulah masukan ke dalam air rebusan ayam. Aduk sampai air rebusan dan bumbunya menyatu kemudian barulah tambahkan bahan lainnya yaitu santan, garam dan penyedap rasa secukupnya. Jika anda menginginkan rasa manis dan gurih yang lezat anda juga bisa menambahkan sedikit kecap manis ke dalam sayurnya.

@honeylizious

Followers