30 April 2015

Garis-Garis Berharga



Stretch mark barangkali menjadi momok yang sangat menakutkan buat sebagian perempuan yang sedang hamil. Ditambah lagi dengan iklan di televisi yang seakan mengatakan bahwa stretch mark itu buruk dan tidak indah. Saya sendiri sudah mendapatkan beberapa stretch mark di bagian perut saya yang semakin membesar sekarang ini. Waktu masih di bawah 7 bulan perut saya tidak muncul garis-garis seperti ini. Banyak yang menyarankan supaya jangan menggaruk perut ketika hamil, supaya tidak muncul stretch mark. Apalagi ada yang mengatakan bahwa rasa gatal itu berasal dari rambut bayi yang ada di dalam yang sesungguhnya tidak benar.

Rasa gatal tersebut timbul disebabkan oleh hal yang lain. Satu di antaranya adalah karena kulit yang meregang untuk menyesuaikan dengan ukuran bayi di dalam. Dapat dipastikan peregangan akan terus terjadi sampai bayi dilahirkan. Tentu saja akan banyak sekali stretch mark yang akan muncul di perut bahkan di beberapa bagian lain. Menyebalkan? Saya sendiri tidak begitu terganggu dengan keberadaan garis-garis tersebut. Malahan saya tidak berpikir untuk menghilangkannya.

Ingin saya simpan semua garis berharga tersebut untuk kenangan anak-anak yang akan saya lahirkan. Ketika mereka sudah besar akan saya perlihatkan pada mereka, garis-garis yang pernah mereka buat di tubuh saya. Bukankah itu akan membuat garis tersebut malah terasa lebih indah? Terlepas dari yang ingin tubuhnya tetap mulus seperti waktu masih gadis sih. Ibu saya sendiri memiliki banyak stretch mark di tubuhnya. Saya tidak melihat itu sebagai sesuatu yang buruk. Saya melihat kenangan di sana. Kenangan bahwa saya pernah membuat perut ibu saya meregang kulitnya. Pernah menendangnya dari dalam.

Sekarang saya terpikir lagi, tentang perasaan ibu saya ketika saya masih berada di dalam perutnya. Apa yang dia katakan pada saya waktu itu, saat dia mengusap perutnya. Apakah dia memanggil-manggil saya dengan panggilan manja? Apakah saya membuat kakinya membengkak? Berapa banyak sobekan yang saya buat saat saya dilahirkan? Begitu banyak yang dia korbankan hanya untuk mendapatkan saya. Sekarang, ketika saya sebentar lagi akan menjadi seorang ibu, baru saya merasakan apa yang dia rasakan dulu.

Semua garis-garis berharga itu.... 

@honeylizious

Followers