1 Mei 2015

Death Penalty


Hukuman mati untuk pengedar narkoba? Tentu saja saya termasuk orang yang mendukung hukuman ini. Bahkan saya akan lebih senang lagi jika hukuman mati diberlakukan juga buat koruptor dan kriminal berat lainnya. Sadis? Tidak manusiawi? Sebelum menentang hukuman ini coba deh kita posisikan diri kita sebagai orang yang menjadi korban narkoba tersebut. Jangan hanya melihat sisi pelaku yang mengedarkan dan mendapatkan uang banyak dengan 'membunuh' pelan-pelan penerus bangsa ini. Saya nggak habis pikir sih ada yang menentang hukuman mati untuk pengedar narkoba. Kurang jelas apalagi kesalahan mereka?

Seperti yang kita tahu, jika mata rantainya tidak segera diputus, lihat saja nanti, di penjara pun peredaran narkoba tetap bisa berlangsung bahkan dimonitor oleh gembongnya sendiri. Mereka, yang dibela oleh banyak aktivis itu, tidak peduli dengan orang yang akan menjadi korban narkoba yang mereka edarkan. Lantas mengapa kita juga harus meluangkan waktu untuk peduli pada mereka?

Alasan memberikan kesempatan kedua kayaknya sedikit lucu ya. Bukannya apa, setelah kehidupan di dunia kan ada kehidupan selanjutnya, kehidupan yang abadi. Kalau mereka memang sudah bertobat dan Tuhan menerima tobat mereka untuk apa kita menghalangi pertemuan mereka dengan Sang Pencipta. Bukannya lebih baik kita percepat. Daripada di dunia dia mengulang melakukan kesalahan yang sama. Setidaknya, hukuman mati ini akan memberikan efek pada orang yang baru akan mencoba bisnis narkoba ini. Supaya mereka berpikir ulang untuk melakukan tindakan yang sama. Karena ancamannya hukuman mati.

Ada yang mengatakan bahwa Indonesia kejam memberlakukan hukuman mati untuk terpidana narkoba. Padahal di beberapa negara lain juga ada hukuman yang sama. Mengapa Indonesia yang dirongrong? Jangan-jangan karena selama ini hukuman di negara kita sedemikian lemahnya sehingga banyak pengedar narkoba yang bisa lolos dengan tindakannya. Menyedihkan sekali melihat banyak anak muda yang terjerat narkoba.

Katanya sebagai orang tua kita harus mampu mendidik anak kita supaya tidak menggunakan narkoba. Kalo narkobanya sudah tak ada lagi sumbernya ya tentu saja pengguna juga tak ada. Itu sebabnya banyak yang mendukung hukuman mati bagi orang-orang yang berbisnis narkoba ini. Mau sekuat apa pun orang tua menjaga anaknya, selama peredarannya masih luas, akan jatuh korban lagi dan lagi. Apakah nyawa penerus bangsa ini tak ada harganya dibandingkan pengedar narkoba itu sendiri.

Kita saja yang tidak berniat menggunakan narkoba, bisa jadi malah akan kecanduan. Gara-garanya banyak yang menjual makanan yang mengandung narkoba di luar sana. Kalau sudah ketagihan dan over dosis, siapa yang harus kita salahkan? Ah.... bukannya kita akan jauh lebih kejam jika membiarkan narkoba meracuni anak bangsa ini?
 

@honeylizious

Followers